Widih, Nasdem Kabarnya Akan Usung Kang Emil di Pilpres 2024, yang Benar?

Widih, Nasdem Kabarnya Akan Usung Kang Emil di Pilpres 2024, yang Benar? Kredit Foto: Rahmat Saepulloh

Partai NasDem akan mengusung Ridwan Kamil (Emil) dalam ajang konstelasi pemilihan presiden 2024 mendatang.

Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem Ahmad Hi Ali mengatakan satu hal yang tidak bisa dipungkiri oleh siapapun bahwa Emil maju sebagai Gubernur Jabar itu diusung oleh partai NasDem pada 2018 lalu. Maka, tidak salah partai NasDem mengklaim bahwa  adalah gubernurnya NasDem.

"Jadi dalam proses konsolidasi ini, semua potensi-potensi kita eksploitasi dengan kewenangan partai termasuk Pak Ridwan Kamil," katanya disela-sela Rakorwil & Workshop Partai NasDem Jawa Barat, di Bandung, Minggu (14/3/2021).

Baca Juga: SBY Juga Pernah Bunuh Demokrat Tahun 2013, Pengamat Langsung Bongkar Semuanya..

Baca Juga: Komentari Kisruh KLB Moeldoko, Orang Ini Bilang: Pak SBY Sendiri yang Bunuh Demokrasi Demokrat

"Takdir Ridwan Kamil itu jadi gubernur diusul oleh partai Nasdem, jadi kemudian kami mengklaim gubernurnya NasDem, kita salah enggak, tidak salah kan?" tambahnya.

Ahmad menyebutkan kemungkinan Emil diusung Calon Presiden (Capres) 2024 mesti ditanyakan kepada masyarakat Jawa Barat.

"Ketika masyarakat menghendaki itu, NasDem terbuka memberi kesempatan kepada kang Emil," imbuhnya.

Senada dengan, Ketua Dewan Pimipinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Jawa Barat Saan Mustopa mengatakan pihaknya akan mengikuti mekanisme konvensi yang akan dilakukan ke depan. 

"Kalau pak Ridwan Kamil ini nanti ikut konvensi yang di gagas oleh NasDem maka dia bisa jadi diusung NasDem," ujarnya.

Dia menilai Emil memiliki pengalaman panjang dengan NasDem ketika dicalonkan menjadi Gubernur Jawa Barat pada 2018 lalu. DPW NasDem Jabar tetap terbuka kepada siapapun untuk diusung menjadi Capres 2024.

"Saya yakin banyak calon yang akan ikut konvensi partai. Saya yakin ketika konvensi kita lakukan Ridwan Kamil bisa mendaftar," ujarnya.

Sementara itu, terkait Rakorwil & Workshop partai NasDem Jawa Barat, Saan mengungkapkan kegiatan yang digelar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat ini merupakan bentuk tindak lanjut dari Rapat Koordinasi Khusus yang di lakukan DPP Partai Nasdem. Menurutnya, DPW harus merespon dengan cepat terhadap setiap keputusan DPP.?

"Rakorwil ini merupakan tindak lanjut dari Rakorsus bidang ideologi Organisasi serta anggota yang sudah dilakukan DPP beberapa waktu lalu, tentu apapun keputusan dari rakorsus itu harus kita tindaklanjuti dil level DPD dan DPC," katanya.

Saan menegaskan, setidaknya ada tiga hal yang menjadi fokus dalam Rakorwil dan Workshop DPW Jabar Partai Nasdem. Hal itu meliputi, persiapan pesta demokrasi tahun 2024, Pernguatan Struktur Organisasi, dan Pendidikan Politik.

"Pertama mengingat tahun 2024 yang akan datang, kedua terkait struktural organisasi, ada secara kualitatif yang harus membangun kesadaran kolektif diantara kita, lalu secara kuantitatif karena tidak cukup hanya dengan semangat kebersamaan tidak mungkin kita bisa bertarung hanya mengandal semangat tanpa didukung oleh perangkat yang bagus," jelasnya.

"Ketiga, sesuai keputusan rakorsus ada pendidikan politik untuk meningkatkan kapasitas kemampuan berpolitik agar kemampuan politik memadai untuk bisa berkompetisi dengan partai lain, untuk membangun kualitas," tambahnya.

Berkenaan dengan pesta demokrasi 2024, lanjut Saan, pihaknya memang harus menyiapkan lebih awal. Pasalnya, kontestasi politik di tahun 2024 dinilai sangat berat. ?

"Walaupun kita berpikir ini masih tahun 2021, masih panjang masih lama, tapi dalam sebuah proses politik itu terasa cepat, bekerja lebih awal lebih baik, karena beban partai semakin berat karena disatukannya Pilpres, Pileg, dan pilkada secara nasional di November 2024," pungkasnya .

Faktanya, Indonesia berada di urutan kedua terbawah dari 61 negara di dunia dalam hal minat baca. Mau sampai kapan? Mulai aja dulu dari #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini