Apa Itu Kanibalisasi?

Apa Itu Kanibalisasi? Kredit Foto: Unsplash/Tim Gouw

Kanibalisasi adalah hilangnya penjualan yang disebabkan oleh pengenalan produk baru oleh perusahaan yang menggantikan salah satu produk lamanya. Kanibalisasi produk yang sudah ada menyebabkan tidak ada peningkatan pangsa pasar perusahaan meskipun penjualan untuk produk baru tersebut mengalami pertumbuhan.

Kanibalisasi dapat terjadi ketika produk baru serupa dengan produk yang sudah ada, dan keduanya memiliki basis pelanggan yang sama. Kanibalisasi juga dapat terjadi ketika toko rantai atau gerai makanan cepat saji kehilangan pelanggan karena toko lain dengan merek yang sama dibuka di dekatnya.

Baca Juga: Apa Itu Ghosting?

Kanibalisasi sering kali dilakukan secara tidak sengaja ketika kampanye pemasaran atau periklanan untuk produk baru menarik pelanggan dari produk yang sudah mapan. Akibatnya, kanibalisasi pasar dapat merugikan laba perusahaan.

Namun, kanibalisasi pasar dapat menjadi strategi pertumbuhan yang disengaja. Jaringan supermarket, misalnya, mungkin membuka toko baru di dekat salah satu toko lamanya, mengetahui bahwa mereka pasti akan saling mengkanibal penjualan. Namun, toko baru tersebut juga akan mencuri pangsa pasar dari pesaing terdekat, bahkan pada akhirnya membuat mereka gulung tikar.

Kanibalisasi sebagai strategi pemasaran umumnya tidak disukai oleh analis saham dan investor, yang melihatnya sebagai potensi hambatan pada keuntungan jangka pendek. Saat perusahaan merancang strategi pemasaran mereka, kanibalisasi pemasaran perlu dihindari, dan penjualan produk individu perlu dipantau secara ketat untuk menentukan apakah kanibalisasi sedang terjadi.

Misalnya, ketika melihat ekspansi jaringan yang cepat seperti Starbucks atau Shake Shack, perusahaan-perusahaan ini terus-menerus menimbang peluang pertumbuhan penjualan dengan risiko kanibalisasi pasar lokal.

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini