Anies Dituduh Menenggak Uang Miras Sampai Rp100 Miliar, Eh Ternyata...

Anies Dituduh Menenggak Uang Miras Sampai Rp100 Miliar, Eh Ternyata... Kredit Foto: Antara/Nando

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan disebut-sebut 'menenggak' atau menyelewengkan dana sebesar Rp100 miliar dari saham perusahaan minuman keras (miras) milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Ternyata, kabar yang berawal dari platform Youtube tersebut bersifat salah atau disinformasi.

Narasi tersebut termuat dalam sampul video milik kanal Youtube Suara Istana yang diunggah pada 4 Maret 2021.

Baca Juga: Soal Kasus Dugaan Korupsi Rumah DP 0%, Warganet Minta KPK Usut Anies

Berikut isi narasinya:

"Terebongkarrrr..!! Korupsi 100 Miliar Miras DKI Ternyata Anis Baswedan Gunakan untuk Hal Ini."

Video berjudul Berita Terkini ~ Terbongkar, Gubenur korupsi Bisnis Haram.? itu tampak sudah ditonton sebanyak 371.763 kali dan disukai 3.600 pengguna Youtube hingga Selasa (9/3/2021).

Pemprov DKI Jakarta diketahui memiliki 26,25 persen saham di perusahaan produsen miras bernama PT Delta Djakarta. Pada 2019, Pemprov DKI mendapatkan deviden dari perusahaan dengan kode saham DLTA itu sebesar Rp100,4 miliar.

Hoaks-Miras-DKI.jpg

PT Delta Djakarta menjadi penyumbang dividen terbesar kedua bagi Pemprov DKI Jakarta setelah PT Bank DKI (Rp240 miliar), berdasarkan catatan Republika. Namun, benarkah Gubernur Anies Baswedan melakukan korupsi Rp100 miliar dari saham miras milik Pemprov DKI itu?

Faktanya, Indonesia berada di urutan kedua terbawah dari 61 negara di dunia dalam hal minat baca. Mau sampai kapan? Mulai aja dulu dari #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini