Serukan 'Benci Produk Asing' Eh Dinyinyirin, Lihat Nih Jokowi Balas Pake Jurus Gus Dur

Serukan 'Benci Produk Asing' Eh Dinyinyirin, Lihat Nih Jokowi Balas Pake Jurus Gus Dur Kredit Foto: Instagram Joko Widodo

Presiden Jokowi heran, seruannya untuk membenci produk asing malah dinyinyirin banyak pihak. Padahal, seruan ini sangat positif. Tapi, Jokowi tidak mau ambil pusing. Meminjam jurus Gus Dur, Jokowi bilang: gitu aja kok rame.

Kalimat itu terucap saat Jokowi membuka Rapat Kerja Nasional Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), di Istana Bogor, Jawa Barat, kemarin. Jokowi menganggap, tidak ada yang salah dari seruannya. Meski meminta benci produk asing, nyatanya Indonesia tidak menerapkan sistem proteksionisme. Baca Juga: Kemarin Sampaikan Kabar Gembira, Terus Geger, Sekarang Pak Jokowi Bilang: Gitu Aja..

“Sekali lagi, saya tegaskan, kita ini menganut keterbukaan ekonomi. Nggak ada yang kita tutup-tutup. Saya tegaskan, kita juga bukan bangsa yang menyukai proteksionisme, ndak,” tegas Jokowi.

Menurutnya, proteksionisme tidak memberi hasil yang baik bagi ekonomi nasional. Makanya, Indonesia memilih terbuka. Hanya saja, dia tidak ingin Indonesia menjadi korban perdagangan yang tidak adil dari pasar internasional.

Makanya, dia heran, kenapa seruan soal benci produk impor menjadi polemik. "Masak nggak boleh kita nggak suka. Kan boleh saja nggak suka produk asing. Gitu saja rame. Saya ngomong benci produk asing, itu saja rame. Boleh kita tidak suka produk asing," cetusnya. Baca Juga: Jokowi Sudah Cabut Perpres Miras, Jadi Tinggal Mas Anies Nih, Atau Mau Menghalalkan yang Haram?

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini