Unimed Usulkan Tuan MH Manullang Jadi Pahlawan Nasional

Unimed Usulkan Tuan MH Manullang Jadi Pahlawan Nasional Kredit Foto: Universitas Negeri Medan

Setelah sebelumnya sukses mengajukan Gubernur Sumatera Utara Pertama Mr. SM Amien menjadi Pahlawan Nasional di tahun 2020, Pusat Peneltian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Humaniora, LPPM Universitas Negeri Medan kembali mengajukan Tuan MH Manullang sebagai Pahlawan Nasional dari Sumatera Utara tahun 2021.

Kepala LPPM Universitas Negeri Medan, Prof. Dr. Baharuddin ST., MPd, didampingi Koordinator Ketua Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Humaniora Universitas Negeri Medan, Dr. Phil. Ichwan Azhari, MS, dalam keterangan tertulis, Rabu (24/2/2021) mengungkapkan bahwa Tuan MH Manullang sebelumnya sudah dianugerahi Pahlawan Perintis Kemerdakaan.

Baca Juga: FKUI Adakan Kompetisi Guru Kreatif Pahlawan Perjuangan Covid-19 di Depok

"Pada tahun 1967, atas jasa-jasanya menentang kolonialisme khususnya di tanah Batak, orang Batak mestinya berbangga punya pahlawan sedemikian tangguh dan hebat," terang sejarawan Unimed.

Diketahui, Tuan MH Manullang lahir di Tarutung tanggal 20 Desember 1887 dan meninggal di Jakarta pada tanggal 20 April 1979. Berjuang secara konsisten sejak tahun 1906 menentang kolonialisme di Tanah Batak maupun lewat media yang didirikannya, yaitu Sinondang Baru dan Soara Batak. Tidak sampai di situ, beliau juga berjuang lewat organisasi HKB tahun 1917.

"Mohon kepada kita semua mendukung kegiatan ini dan kita akan adakan seminar daring sebanyak 2 kali, yaitu 27 Februari dan 13 Maret 2021 yang dimulai pukuil 10.00 WIB sampai 12.00 WIB. Alamat link menyusul," ungkap Ichwan.

Seminar I dengan tema "Perlawanan Tuan MH Manullang Menentang Ekspansi Agraria Belanda ke Tanah Batak" menghadirkan narasumber: Dr. Edy Ikhsan SH MA-Ahli Sejarah Agraria Fakultas Hukum USU, Dr. Dimpos Manalu-Akadamisi dan aktivis Agraria UHN Nommensen, Dr Wannofri Samry Mhum-Sejarawan Pers Universitas Andalas Padang, dan Prof Dr. Hermawan Sulistyo-LIPI Jakarta.

Sementara untuk Seminar II dengan tema "Tuan MH Manullang dari Pahlawan Perintis Kemerdekaan Menuju Pahlawan Nasional" menghadirkan narasumber: Prof. Dr. Asvi Warman Adam-sejarawan LIPI, Prof. Dr. Dorodjatun Kuntjoro Jakti-Sejarawan Ekonomi Jakarta, Direktur Kepahlawanan, Keperintisan dan Rstorasi Sosial Kementerian Sosial RI Jakarta, dan Drs Rosmaida Sinaga Mhum- Sejarawan Universitas Negeri Medan.

Terpisah, Ketua Parsadaan Toga Manullang (Partogam) Kota Medan Dr. Sanco Simanullang ST., MT., IPM, ASEAN Eng menyambut baik dan menyampaikan rasa terima kasih atas prakarsa Civitas Aldemika Universitas Negeri Medan dan seluruh pihak yang terlibat dalam memperjuangkan Tuan MH Manullang menjadi Pahlawan Nasional.

"Atas nama Partogam, Persatuan Manullang Kota Medan mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas prakarsa Unimed, terlebih peran dan kepedulian Bapak Ichwan Azhari yang telah berjerih payah memperjuangkan aspirasi ini hingga ke pusat. Doa kami semoga harapan kita terwujud," tutup Sanco.

Faktanya, Indonesia berada di urutan kedua terbawah dari 61 negara di dunia dalam hal minat baca. Mau sampai kapan? Mulai aja dulu dari #BacaSampaiTuntas

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini