Kebanyakan Duit! Orang Terkaya India Mau Bikin Kebun Binatang Terbesar di Dunia

Kebanyakan Duit! Orang Terkaya India Mau Bikin Kebun Binatang Terbesar di Dunia Kredit Foto: REUTERS/Francis Mascarenhas

Orang terkaya India, Mukesh Ambani dan keluarganya yang dikenal dengan The Ambanis dikabarkan bakal membangun kebun binatang terbesar di dunia. Salah satu keluarga terkaya di dunia ini berencana membangun kebun binatang seluas 280 hektar sekaligus tempat perlindungan penyelamatan hewan.

Dilansir dari Business Insider di Jakarta, Rabu (24/2/21) kebun binatang bernama 'Kerajaan Penyelamatan dan Rehabilitasi Zoologi Hijau' akan dibangun di dekat kilang perusahaan mereka, Reliance Industries di Jamnagar, India barat.

Baca Juga: Meski Orang Terkaya Dukung Bitcoin, Menkeu Bilang Itu Bahaya! Karena ....

Kebun binatang ini merupakan proyek hewan peliharaan anak Mukesh Ambani, Anant Ambani. Pria 25 tahun itu merupakan anggota dewan di Jio, cabang telekomunikasi Reliance Industries. Rencananya, kebun binatang ini akan menjadi rumah bagi 100 spesier hewan, burung, repil dari India dan seluruh dunia, seperti singa Afrika, kuda nil kerdil, harimau Bengal, dan komodo.

Hewan-hewan tersebut akan ditempatkan di berbagai area dengan nama seperti Frog House, Dragon's Land, Aquatic Kingdom, Indian Desert, dan Exotic Island. Sayangnya, kebun binatang yang diharapkan dibuka pada 2023 mendatang menimbulkan kontroversi.

Seperti pada bulan Januari, Reliance Industries sepakat untuk mendapatkan dua macan kumbang hitam langka dari Kebun Binatang Negara Bagian Assam di Guwahati dan barter dengan dua pasang zebra dari Israel ke kebun binatang Guwahati.

Hal itu pun mengundang kritik dari aktivis dan partai politik lokal. Sebanyak 100-an aktivis berkumpul di depan kebun binatang Guwahati guna melakukan protes atas pemindahan macan kumbang ke kebun binatang pribadi Ambanis pada hari Minggu lalu.

Faktanya, Indonesia berada di urutan kedua terbawah dari 61 negara di dunia dalam hal minat baca. Mau sampai kapan? Mulai aja dulu dari #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini