Efek Pandemi, Generasi Milenial Lebih Suka Bekerja Tidak Tetap

Efek Pandemi, Generasi Milenial Lebih Suka Bekerja Tidak Tetap Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Aviliani menilai kemungkinan tren properti perkantoran ke depannya akan beralih menjadi coworking space mengingat tren generasi milenial yang cenderung menggeluti sektor informal dan kebijakan working from home dari perusahaan.

"Kecenderungannya perkantoran-perkantoran akan berubah dan beralih kepada coworking space sehingga nantinya banyak ruang-ruang kosong namun yang terpenting ada Internetnya. Ini akan jadi tren untuk generasi milenial," ujar Aviliani dalam diskusi daring di Jakarta, Selasa (23/2).

Menurut dia, Kalau diperhatikan generasi milenial ini lebih cenderung menyukai pekerjaan di sektor informal karena sebenarnya nanti orang-orang cenderung bekerja berdasarkan hasil bukan proses.

"Dengan demikian nanti ke depannya mungkin untuk perkantoran-perkantoran, bagi perusahaan-perusahaan yang berpikiran ke depan akan lebih cenderung melihat orang-orang melakukan pekerjaan dari rumah atau working from home," katanya.

Namun bagian produksi tetap bekerja dengan masuk ke kantor karena dia harus produksi barang. Di samping itu Aviliani juga menyampaikan bahwa kemungkinan yang perlu dipikirkan ke depannya adalah banyak generasi milenial yang bekerja di sektor informal namun memiliki penghasilan yang besar kendati tidak tetap.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini