Gak Dapat Apa-apa Selama 28 Hari, Tim Investigasi WHO Langsung Cabut dari Wuhan

Gak Dapat Apa-apa Selama 28 Hari, Tim Investigasi WHO Langsung Cabut dari Wuhan Kredit Foto: AP Photo/Ng Han Guan

Dua anggota tim Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang  menyelidiki asal usul Covid-19 di China, dilaporkan meninggalkan negara itu pada Rabu (10/2/2021).

Keduanya pulang setelah dikeluarkannya laporan oleh tim tersebut yang menyatakan virus corona kemungkinan besar ada pada manusia dari hewan, bukannya teori alternatif jika virus itu telah bocor dari sebuah laboratorium di China.

Baca Juga: Demi Memuaskan Global, Simak Baik-baik Komentar WHO di Wuhan: Virus Beredar di Wilayah Lain...

Pakar zoologi Peter Daszak dan pakar virologi Marion van Koopmans meninggalkan Wuhan setelah 28 hari di China. Mereka mengatakan ada kesepakatan dan kerja sama antara para ilmuwan yang dikirim WHO dan para ilmuwan dari China.

China telah mengawasi dengan cermat kunjungan tim WHO itu. Beijing khawatir dituding salah langkah dalam respons awalnya terhadap pandemi.

Sebuah investigasi AP melaporkan pemerintah China membatasi penelitian terhadap wabah dan memerintahkan para ilmuwan untuk tidak berbicara kepada para wartawan.

Namun sewaktu meninggalkan Wuhan, Daszak mengatakan “tidak ada perbedaan” pendapat mengenai kemungkinan penyebab wabah, dan temuan-temuan awal WHO merupakan “laporan konsensus” dengan para peneliti China.

“Ini untuk pertama kalinya kami mendengar pernyataan terbuka konsensus bersama mengenai asal usul Covid-19,” ujarnya.

Faktanya, Indonesia berada di urutan kedua terbawah dari 61 negara di dunia dalam hal minat baca. Mau sampai kapan? Mulai aja dulu dari #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di Okezone Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Okezone. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Okezone.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini