Taman Safari Indonesia Perkenalkan Hewan Takin, Di Asia Tenggara Hanya Ada di Indonesia

Taman Safari Indonesia Perkenalkan Hewan Takin, Di Asia Tenggara Hanya Ada di Indonesia Kredit Foto: Republika

Perayaan Imlek 2572 akan diperingati pada Jumat, 12 Februari 2021. Menyambut perayaan tersebut, Taman Safari Indonesia (TSI) Cisarua di Kabupaten Bogor memperkenalkan satwa khas bernama takin.

Takin bergabung dengan keluarga besar TSI sejak 2017, bersamaan dengan sepasang Giant Panda yang berasal dari Cina. Pengunjung dapat melihat satwa Takin di Istana Panda Indonesia yang berada di ketinggian 1.417 mdpl.

Baca Juga: Naik Level, Korsel Terapkan Aturan Jaga Jarak Tertinggi Jelang Imlek

Menurut rilis pers Humas TSI yang diterima Republika.co.id, Senin (1/2), satwa takin di Asia Tenggara hanya bisa dilihat di Istana Panda Indonesia. Takin merupakan satwa yang hidup di daerah pegunungan Himalaya.

Panjang tubuh satwa dengan nama ilmiah Budorcas taxicolor itu bisa mencapai 1,2 meter. Pengenalan takin kepada masyarakat akan dikemas dalam acara "Keeper Talk" pukul 14.00 pada perayaan Imlek di TSI.

Pengunjung dapat berinteraksi dengan keeper yang akan menjelaskan tentang sawta unik tersebut. Mereka yang dapat menjawab pertanyaan dari keeper bisa mengambil angpau di pohon angpau yang disediakan.

Selain memperkenalkan takin kepada masyarakat, Taman Safari Bogor juga memasang berbagai dekorasi khas Imlek. Ornamen yang didominasi warna merah serta gantungan lampion serta aksesori lain sudah terpasang di sudut-sudut area.

Liong dan barong yang merupakan ikon perayaan Imlek juga akan menjadi suguhan bagi pengunjung yang bertandang ke TSI saat perayaan Imlek. Begitu juga pertunjukan tarian bernuansa Tiongkok turut hadir memeriahkan acara.

General Manager Taman Safari Bogor, Emeraldo Parengkuan, mengatakan semua acara itu dipusatkan di Istana Panda Indonesia. Rangkaian acara dimulai pada 12 Februari hingga 14 Februari 2021 pukul 08.00 WIB hingga sore hari.

"Acara dikemas lebih sederhana, hal ini mengingat situasi pandemi Covid-19 yang masih belum berakhir. Namun, protokol kesehatan tetap dilaksanakan dengan ketat, mengikuti ketentuan dari Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bogor," kata Aldo.

Penginapan Safari Lodges di area Taman Safari Bogor menawarkan paket penginapan dengan harga mulai dari Rp 2,38 juta per orang untuk tiga hari dua malam. Biaya sudah termasuk tiket masuk TSI, BBQ Plate, dan berbagai hiburan dengan nuansa Imlek.

"Hotel tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat, namun tidak mengurangi kegembiraan bagi pengunjung yang akan merayakan Imlek," kata Nandang selaku manajer hotel.

Faktanya, Indonesia berada di urutan kedua terbawah dari 61 negara di dunia dalam hal minat baca. Mau sampai kapan? Mulai aja dulu dari #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini