Covid-19 Belum Berakhir, China Bakal Kasih Angpau demi Cegah Imigran Mudik Imlek

Covid-19 Belum Berakhir, China Bakal Kasih Angpau demi Cegah Imigran Mudik Imlek Kredit Foto: Antara/Ardiansyah

Perayaan imlek tahun ini bagi masyarakat China akan terasa sangat berbeda. Ya, pandemi Covid-19 memaksa pemerintah setempat menerapkan strategi khusus demi mencegah para perantau untuk mudik ke kampung halaman mereka menjelang perayaan Imlek yang jatuh pada 12 Februari mendatang.

Tak dipungkiri jika salah satu mobilitas manusia terbesar dunia berada di China. Jutaan orang di negara itu akan mudik ke seluruh penjuru daerah, melintas perjalanan sejauh ribuan kilometer, untuk merayakan Imlek.

Baca Juga: Kasus Positif Covid-19 Tembus 1 Juta, Pemerintah Ditantang Minta Maaf ke Rakyat!

Melansir laman BBC Indonesia, Imlek bagi pendduduk China merupakan satu-satunya peristiwa dalam setahun untuk bertemu dengan keluarga. Hampir semua warga China tak ingin melewatkan perayaan ini.

Namun muncul kekhawatiran bahwa musim mudik yang dalam bahasa lokal dikenal dengan istilah Chunyun ini bakal menjadi ajang penyebaran virus corona.

Saat ini pemerintah China menghadapi dilema. Betapa tidak, mereka harus meyakinkan warganya untuk tetap tinggal di rumah tanpa harus membatalkan perayaan tahunan terbesar mereka

Perayaan Imlek di China setiap tahunnya berlangsung dari 28 Januari sampai 8 Maret. Selama periode itu penduduk China diyakini bakal melakukan perjalanan ribuan kilometer, jelang dan setelah Imlek yang jatuh tanggal 12 Februari. Pada masa-masa sebelumnya, terjadi hingga tiga miliar perjalanan pada musim mudik ini.

Faktanya, Indonesia berada di urutan kedua terbawah dari 61 negara di dunia dalam hal minat baca. Mau sampai kapan? Mulai aja dulu dari #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Okezone Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Okezone. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Okezone.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini