Pengacara: 100 Orang Jadi Penjamin Penangguhan Penahanan Gus Nur

Pengacara: 100 Orang Jadi Penjamin Penangguhan Penahanan Gus Nur Kredit Foto: Screenshot Youtube Refly Harun

Pengacara Sugi Nur Raharja atau Gus Nur, Rizky Fatamajaya, menyebutkan bahwa pihaknya kembali mengajukan penangguhan penahanan untuk kliennya ke majelis hakim di persidangan Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Selasa (26/1/2021). Hakim belum memberikan jawaban atas permintaan pengacara di sidang sebelumnya.

"Lagi-lagi dari awal kami berupaya bagaimana klien kami dapat ditangguhkan karena beliau punya hak untuk penangguhan. Total sekitar 100 orang (penjamin) sudah kami berikan langsung ke majelis hakim tadi," ujar Rizky, Selasa (26/1/2021).

Baca Juga: Kuasa Hukum: Hukum Tegak, Beringas, dan Bengis untuk Gus Nur

Pihaknya terus berupaya agar kliennya bisa ditangguhkan penahanannya. Adapun dalam pengajuan permohonan penangguhan kali ini, pihaknya menambah jumlah penjaminnya yang berasal dari tokoh masyarakat, ulama, hingga aktivis.

"Kami juga minta terdakwa mesti dihadirkan secara langsung agar kebenaran materi itu terbukti. Kami lihat (tak bisa dihadirkan) dengan alasan Covid, kami menyadari itu, tapi ini urgen menjadi konsumsi publik dan ditunggu-tunggu banyak orang atau demi kepentingan umum," ungkapnya.

Dia berharap, hakim berlaku adil dan mengabulkan permintaan pengacara. Jangan sampai hakim menjadi berat sebelah dan menyulitkan pengacara dalam berkomunikasi dengan terdakwa demi kepentingan pembelaan.

Faktanya, Indonesia berada di urutan kedua terbawah dari 61 negara di dunia dalam hal minat baca. Mau sampai kapan? Mulai aja dulu dari #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini