Menlu Baru AS Ternyata Datang dari Keluarga Pengabdi Pemerintah, Mulai dari Ayah hingga Paman

Menlu Baru AS Ternyata Datang dari Keluarga Pengabdi Pemerintah, Mulai dari Ayah hingga Paman Kredit Foto: AP Photo/Graeme Jennings

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden memilih Anthony Blinken sebagai Menteri Luar Negeri. Pemungutan suara Senat untuk menetapkan Menlu pilihan Biden tersebut diperkirakan pekan ini. 

Jika Senat meloloskannya, artinya Blinken akan melanjutkan tradisi profesional dan keluarga di Departemen Luar Negeri AS (Deplu AS). Di institusi para diplomat itu, Blinken mengabdi selama pemerintahan Presiden Bill Clinton dan Presiden Barack Obama.

Baca Juga: Melihat Peran Antony Blinken, Jenderal Luar Negeri AS Pilihan Joe Biden

Blinken juga berasal dari keluarga pegawai pemerintah dan diplomat. Ayahnya, Donald bertugas di Angkatan Udara AS dan menjadi Duta Besar AS untuk Hungaria.

Pamannya, Alan, bertugas sebagai Duta Besar AS untuk Belgia. Setelah menjadi penyintas holocaust, ayah sambung Blinken, Samuel Pisar, melanjutkan kuliahnya di Harvard dan menjadi penasihat Presiden John F Kennedy.

Dalam pernyataannya saat menerima pencalonan menjadi Menlu ke-71 pada 24 November, Blinken mengatakan, pengalaman anggota keluarganya yang melarikan diri ke AS dari penganiayaan telah membentuk pandangannya tentang peran Amerika di dunia.

Kakeknya, Maurice Blinken, melarikan diri dari pogrom (pembantaian etnis tertentu) di Rusia sebelum berimigrasi ke AS. Ibu tirinya, Vera Blinken, melarikan diri dari negara komunis Hungaria dan kemudian membantu pengungsi lain datang ke AS. Dan ayah sambung Blinken,  menderita selama empat tahun di kamp konsentrasi Nazi dan melarikan diri, akhirnya diselamatkan pasukan AS.

“Bagi keluarga saya, juga bagi banyak generasi Amerika, bisa dikatakan Amerika benar-benar menjadi harapan terbaik terakhir di bumi,” kata pria kelahiran Yonkers, New York itu.

Blinken menambahkan, "Memandu diplomasi Amerika akan menjadi keistimewaan terbesar dalam kehidupan profesional saya.”

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini