Apa Itu Ethereum?

Apa Itu Ethereum? Kredit Foto: Unsplash/Nick Chong

Harga Ethereum sempat meningkat 1.000 persen; mencapai Rp20 juta per koin pada pekan ini. Per Kamis (21/1/2021) pukul 20.16 WIB, harganya hampir Rp17,5 juta per koin.

Pertanyannya, apa itu Ethereum? Bagaimana cara kerja aset digital itu? Baimana cara membeli Ethereum?

Mengutip sejumlah sumber, berikut ini fakta-fakta di balik mata uang kripto Ethereum yang Warta Ekonomi himpun!

Baca Juga: Begini Tren Bitcoin dan Ethereum pada 2021, Masih Terus Tumbuh!

Baca Juga: 5 Fakta Industri Kecantikan Selama Pandemi

Apa Itu Ethereum?

Ethereum merupakan platform perangkat lunak berbasis blockchain yang mendukung mata uang kripto dengan kapitalisasi terbesar kedua di dunia; Ethereum (ETH).

Sama seperti mata uang kripto lain, Ethereum juga bisa berfungsi untuk mengirim dan menerima nilai secara global--tanpa pengawasan pihak ketiga, dilansir dari Coindesk.

Pertukaran nilai menjadi penggunaan utama blockchain Ethereum saat ini. Namun, banyak pengembang menggunakan Ethereum guna memberi pengguna kendali dan pengelolaan datanya sendiri.

Bagaimana Ethereum Tercipta?

Pengembang Vitalik Buterin pertama kali mengusulkan Ethereum pada 2013. Ia merupakan salah satu pionir gagasan perluasan blockchain agar dapat berguna pada kasus penggunaan, bukan transaksi.

Awalnya, Ethereum bertujuan menggunakan teknologi yang sama dengan Bitcoin. Mereka menyimpan data, mentransfer hipotek, dan melacak instrumen keuangan yang kompleks.

Pada 2015, platform Ethereum akhirnya resmi mengudara.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini