Terjawab Sudah! Ini Biang Kerok yang Bikin Saham Antam Dkk Berguguran

Terjawab Sudah! Ini Biang Kerok yang Bikin Saham Antam Dkk Berguguran Kredit Foto: Antara/Sigid Kurniawan

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) merosot 1.06% atau 67.98 poin ke level 6321.86 dengan saham-saham disektor pertambangan anjlok 3.36% dan Properti jeblok 2.60%.

Kedua saham ini memimpin pelemahan hingga akhir sesi perdagangan melanjutkan koreksi yang terjadi dengan saham PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), PT Pelat Timah Nusantara Tbk (NIKL) dan PT Timas Tbk (TINS) menyentuh titik auto rejections bawah dan saham pertambangan lain turun signifikan.

Baca Juga: Sempat Dibanggakan Kaesang, Lah Kok Ternyata Bos Bank Jatim Malah Jual Ribuan Saham

Baca Juga: Mana Suaranya yang Kena Lagi PHP Saham BUMN Konstruksi? Kali Ini Lebih Parah Hingga ARB Bos!

Baca Juga: Saat Kalian Sibuk Jual, Asing Malah Asik Beli dengan Menghamburkan Uang ke Saham-saham Ini

“Uforia terhadap prospek pertambangan di dalam negeri termasuk tambang Nikel telah membuat harga-harga saham yang berkaitan naik signifikan sejak akhir tahun 2020 lalu,” kata Analis Reliance Sekuritas Lanjar Nafi, di Jakarta, Selasa (19/1/2021).

Namun, lebih lanjut Lanjar mengungkapkan bila investor asing malah tercatat melakukan aksi beli bersih hingga sebesar Rp277.10 miliar. "Saham PT Vale Indonesia Tbk (INCO) dan PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) menjadi yang terbanyak secara value net buy asing," tutupnya. 

Faktanya, Indonesia berada di urutan kedua terbawah dari 61 negara di dunia dalam hal minat baca. Mau sampai kapan? Mulai aja dulu dari #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini