Ironi! Anggota Tim Investigasi WHO Gagal Masuk China Usai Kegep Positif Covid-19

Ironi! Anggota Tim Investigasi WHO Gagal Masuk China Usai Kegep Positif Covid-19 Kredit Foto: Reuters/Thomas Peter

Dua anggota tim Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menyelidiki asal-usul pandemi virus Covid-19 dilarang terbang ke China setelah gagal dalam tes antibodi virus corona.

Rencananya tim internasional yang terdiri dari 13 ilmuwan akan mendarat di kota Wuhan di China tengah, tempat kasus virus corona pertama kali tercatat pada akhir 2019, pada Kamis (14/1/2021).

Baca Juga: Tim Ahli WHO Mendarat di Wuhan Guna Selidiki Asal-usul Covid-19

Namun dua anggota tim itu tetap di Singapura, setelah mereka dinyatakan positif antibodi IgM.

Antibodi IgM adalah salah satu tanda potensial paling awal dari infeksi virus corona, tetapi juga dapat muncul pada seseorang yang telah divaksinasi atau sebelumnya terinfeksi (tetapi tidak lagi menjadi pembawa) virus. Positif palsu juga dimungkinkan dengan tes semacam itu.

Sejak November 2020, pelancong yang terbang ke China harus menunjukkan hasil negatif untuk tes antibodi IgM, dan tes PCR, sebelum mereka diizinkan masuk.

WHO mengatakan para ilmuwan selalu di tes ulang, dan sebelumnya selalu negatif. Para ilmuwan yang dapat melakukan perjalanan ke China, akan segera memulai pekerjaan mereka selama 2 minggu protokol karantina untuk pelancong internasional.

Faktanya, Indonesia berada di urutan kedua terbawah dari 61 negara di dunia dalam hal minat baca. Mau sampai kapan? Mulai aja dulu dari #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Okezone Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Okezone. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Okezone.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini