Mantan Menteri SBY yang Kini Jadi Menteri Bappenas Jadi Ketum PPP

Mantan Menteri SBY yang Kini Jadi Menteri Bappenas Jadi Ketum PPP Kredit Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya

Suharso Monoarfa secara aklamasi akhirnya kembali memimpin PPP, keputusan ini didapat berdasarkan hasil Muktamar IX PPP di Makassar pada Sabtu, 19 Desember 2020.

Suharso bukanlah politikus kacangan kemarin sore, ia sudah tidak asing lagi sebagai politikus yang telah beberapa kali menduduki jabatan di pemerintahan.

Pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Suharso pernah dipercaya sebagai Menteri Perumahan Rakyat di Kabinet Indonesia Bersatu II.

Kini, Suharso kembali dipercaya menjabat menteri pada pemerintahan Presiden Joko Widodo, yakni Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Sebelumnya, Suharso juga dipilih oleh Presiden Jokowi sebagai salah satu anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) yang diangkat pada 19 Januari 2015.

Sosok kelahiran Mataram, Nusa Tenggara Barat, 31 Oktober 1954 itu pernah menjadi anggota DPR RI pada periode 2004-2009 dan terpilih kembali untuk periode 2009-2014 dari PPP. Dalam perjalanan karier politiknya, Suharso kemudian terpilih menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum DPP PPP, tepatnya pada 16 Maret 2019.

Suharso juga dikenal sebagai pengusaha yang tidak perlu diragukan lagi rekam jejaknya, apalagi memiliki marga "Monoarfa" yang merupakan garis keturunan bangsawan kerajaan di Gorontalo.

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini