Lagi-lagi Bikin Kejutan, Orang Navajo Duduk di Kursi Kabinet Joe Biden

Lagi-lagi Bikin Kejutan, Orang Navajo Duduk di Kursi Kabinet Joe Biden Kredit Foto: Antara/REUTERS/Jonathan Ernst

Meski belum resmi menjabat sebagai presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden telah menorehkan sejarah baru. Hal itu dilakukannya dengan menunjuk wanita keturunan penduduk asli Amerika untuk menjabat sebagai menteri dalam negeri.

Wanita itu bernama Deb Haaland (60 tahun). Ia merupakan anggota Kongres AS dari Partai Demokrat yang mewakili negara bagian New Mexico. Biden memilihnya pada Kamis (17/12/2020).

Baca Juga: Joe Biden Gak Masalah Seorang Gay Pete Buttigieg Jadi Menteri Transportasi

Biden dilaporkan berencana memperkenalkan Haaland di sebuah acara di Wilmington, Delaware pada Sabtu (19/12/2020). Jika nanti resmi menjabat, Haaland akan menjadi penduduk pribumi Amerika pertama yang memimpin badan federal AS.

Departemen Luar Negeri adalah badan yang memiliki pengaruh luar biasa. Tidak hanya bagi hampir 600 suku yang diakui secara federal, tapi juga atas sebagian besar tanah publik, saluran air, margasatwa, taman nasional, dan kekayaan mineral.

Para pemimpin suku dan aktivis bersama dengan banyak tokoh Partai Demokrat memang telah mendesak Biden untuk memilih Haaland sebagai menteri dalam negeri. Presiden Navajo Nation Jonathan Nez sangat menyambut keputusan Biden memilih Haaland untuk menjabat sebagai menteri dalam negeri.

“Benar-benar hari bersejarah dan belum pernah terjadi sebelumnya bagi semua masyarakat pribumi,” kata Nez.

Navajo Nation adalah suku asli Amerika yang tinggal di area seluas 17,5 juta hektare di bagian timur laut Arizona, bagian tenggara Utah, dan barat laut New Mexico. Ketua Democrats Sunrise Movement Varshini Prakash pun menyambut penunjukan Haaland.

“Selamat kepada Joe Biden karena telah membuat sejarah,” kata Prakash lewat akun Twitter pribadinya.

Haaland adalah satu dari dua wanita pribumi Amerika pertama yang duduk di House of Representatives AS. Dia sebelumnya bekerja sebagai kepala New Mexico Democratic Party. Ia pun aktif sebagai administrator suku.

Ayah dan ibu Haaland aktif di militer. Ayahnya merupakan veteran Marinir, sedangkan ibunya veteran Angkatan Laut. Haaland menggambarkan dirinya sebagai ibu tunggal yang terkadang masih harus bergantung pada kupon makanan. Dia menyebut masih melunasi pinjaman mahasiswa setelah kuliah dan sekolah hukum untuk dirinya sendiri, serta kuliah putrinya.

Faktanya, Indonesia berada di urutan kedua terbawah dari 61 negara di dunia dalam hal minat baca. Mau sampai kapan? Mulai aja dulu dari #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini