23 Finalis Bertarung di SATU Indonesia Award 2020

23 Finalis Bertarung di SATU Indonesia Award 2020 Kredit Foto: Boyke P. Siregar

Meskipun di tengah pandemi, Program Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Award 2020 tetap berjalan. Memasuki tahun ke sebelas, ajang yang diselenggarakan PT Astra International Tbk itu telah menjaring 23 finalis dari 10.036 peserta yang mendaftar.

"Setelah melalui lima bulan masa penjaringan, dewan juri telah menetapkan 23 peserta finalis yang dapat melanjutkan proses penjaringan tahap akhir untuk menentukan sosok penerima apresiasi 11th SATU Indonesia Awards 2020," kata Chief of Corporate Affairs Astra, Riza Deliansyah, dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (5/10/2020).

Baca Juga: Astra Bakal Bagi Rezeki Triliunan ke Pemegang Saham, Jangan Sampai Ketinggalan!

Riza mengungkapkan, SATU Indonesia Awards adalah program untuk memberikan apresiasi kepada anak muda Indonesia yang memiliki program inspiratif dan bermanfaat untuk masyarakat dan lingkungan sekitarnya melalui lima bidang, yakni kesehatan, pendidikan, lingkungan, kewirausahaan, dan teknologi.

"Memasuki tahun kesebelas, kami melihat banyaknya animo pemuda yang memiliki peran aktif dalam memajukan bangsa. Terhitung dari jumlah pendaftar SATU Indonesia Awards 2020 telah mencapai 10.036, atau naik 15,9% dari tahun sebelumnya. Angka ini meningkat bila dibandingkan tahun 2010 yang hanya mencapai 120 pendaftar," tambahnya.

Ia mengatakan, masyarakat dapat turut memberikan dukungan kepada satu finalis favorit dari 23 finalis tersebut melalui voting online yang telah dimulai pada 5 Oktober hingga 11 Oktober 2020 melalui http://www.satu-indonesia.com/SIA2020vote.

Finalis favorit terpilih berhak mendapatkan hadiah sebesar Rp10 juta, sedangkan untuk penerima apresiasi 11th SATU Indonesia Awards 2020 tingkat nasional akan mendapat dana pembinaan Rp60 juta dan pembinaan kegiatan yang dapat dikolaborasikan dengan kontribusi sosial berkelanjutan Astra, yakni Kampung Berseri Astra dan Desa Sejahtera Astra. Ada pula penerima apresiasi 11th SATU Indonesia Awards 2020 tingkat provinsi.

"Pada tahun ini, Astra menambahkan kategori khusus untuk mengapresiasi para pejuang tanpa pamrih di masa pandemi Covid-19," ujarnya.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, lanjut dia, pemberian apresiasi 11th SATU Indonesia 2020 akan dilaksanakan secara virtual melalui channel YouTube SATU Indonesia. "Tidak hanya saat penyerahan apresiasi, pada proses pendaftaran, penjaringan, penjurian telah dilaksanakan juga secara virtual," jelasnya.

Faktanya, Indonesia berada di urutan kedua terbawah dari 61 negara di dunia dalam hal minat baca. Mau sampai kapan? Mulai aja dulu dari #BacaSampaiTuntas

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini