E-Commerce Ramai Diburu Kala Ramadan & PSBB, Penjualan di Jet Commerce Melambung Tinggi

E-Commerce Ramai Diburu Kala Ramadan & PSBB, Penjualan di Jet Commerce Melambung Tinggi Kredit Foto: Jet Commerce

Meskipun masih terdapat beragam pembatasan di berbagai sektor karena pandemi Covid-19 di Indonesia, Jet Commerce mencatat peningkatan penjualan sepanjang Ramadan 2020 di berbagai platform e-commerce di Indonesia, dibandingkan dengan bulan Ramadan tahun lalu.

"Di Ramadan, kecenderungan orang untuk berbelanja online biasanya meningkat. Namun seruan pemerintah untuk menghindari keramaian dan menerapkan physical distancing akibat mewabahnya Covid-19 memicu masyarakat semakin memanfaatkan e-commerce dalam memenuhi kebutuhan mereka selama Ramadan tahun ini," ujar Webber Chen, CEO Jet Commerce Indonesia, dalam keterangan tertulisnya, Senin (22/6/2020).

Bahkan, beberapa kategori mengalami kenaikan nilai transaksi yang signifikan, seperti penjualan pada kategori Toys yang merangsek naik sebanyak 638%, Pet Food naik 503%, dan Mom & Baby yang naik sekitar 311%.

Baca Juga: Temuan Jet Commerce: Awal Bulan Puasa, Momen Belanja Online

Kebijakan pemerintah yang mendorong masyarakat untuk tetap berada di rumah dan melakukan segala aktivitasnya dari rumah nampaknya turut memicu peningkatan penjualan berbagai produk penunjang aktivitas dan kebutuhan rumah tangga pada platform e-commerce.

Hal ini dibuktikan dari tiga kategori dengan jumlah pesanan tertinggi sepanjang Ramadan tahun ini, yaitu kategori Health & Beauty yang mencatat 34% pesanan, dan Mom & Baby serta Electronic yang berkontribusi sebanyak 24% dari total keseluruhan penjualan Jet Commerce selama bulan Ramadan tahun ini.

Selain itu, Jet Commerce juga mencatat peningkatan daya beli konsumen pada beberapa kategori produk selama Ramadan tahun ini. Seperti daya beli konsumen terhadap kategori produk Mom & Baby yang meningkat sebesar 27% jika dibandingkan dengan Ramadan tahun lalu, dengan basket size atau nilai transaksi rata–rata tiap konsumen dalam sekali pembelanjaan sebesar Rp280 ribu, serta pada kategori produk Toys yang meningkat 6% dengan nilai rata–rata Rp312 ribu dalam sekali pembelanjaan.

Faktanya, Indonesia berada di urutan kedua terbawah dari 61 negara di dunia dalam hal minat baca. Mau sampai kapan? Mulai aja dulu dari #BacaSampaiTuntas

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini