Media Australia Kritik Jokowi Soal Penanganan Corona, PBB Pasang Badan

Media Australia Kritik Jokowi Soal Penanganan Corona, PBB Pasang Badan Kredit Foto: Antara/Hafidz Mubarak A

Lembaga think tank yang berbasis di Sydney, Australia, Lowy Institute, mengkritik habis-habisan cara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam merespons pandemi virus corona jenis baru (Covid-19). Respons awal Jokowi disebut sangat mencemaskan.

Kritik lembaga independen ini diterbitkan melalui medianya, The Interpreter, Selasa (17/3/2020).  Wakil Ketua Umum DPP Partai Bulan Bintang (PBB), Sukmo Harsono, menilai, kritik lembaga yang berbasis di Australia kepada Jokowi tersebut dinilai tidak bersahabat dengan Indonesia.

Baca Juga: Desak Jokowi Lakukan Lockdown, DPR: Jangan Over Reaction dengan Kata Lockdown!

"Bahwa Pemerintah sangat peduli dengan kesehatan warganya, tahapan penanganan atas Covid-19 sudah sesuai dengan kondisi dan memperhatikan aspek keselamatan rakyat Indonesia, aspek ekonomi, dan aspek sosial pada umumnya," kata Sukmo belum lama ini.

Sukmo menganggap, pemerintah tidak akan serta merta mengambil tindakan yang menimbulkan dampak kepanikan dan memicu ekonomi terhenti total. Untuk itu, Sukmo meminta Lowy Istitute sebaiknya tidak mencampuri dengan mendikte Pemerintah Indonesia jika tidak paham situasi Indonesia pada umumnya.

"Jangan-jangan mereka hanya baca di internet lalu asal kritik. Saya ingatkan agar mereka menjaga sikap baik dalam memberi masukan," ujarnya.

Faktanya, Indonesia berada di urutan kedua terbawah dari 61 negara di dunia dalam hal minat baca. Mau sampai kapan? Mulai aja dulu dari #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini