Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sudah Ada Sejak '90-an, Begini Cara Kerja Ponsel Lipat!

Sudah Ada Sejak '90-an, Begini Cara Kerja Ponsel Lipat! Kredit Foto: REUTERS/Jason Lee
Warta Ekonomi, Bogor -

Ponsel dengan layar lipat mulai dirilis sejak tahun lalu oleh beragam vendor, dari Samsung hingga Huawei. Bahkan, ponsel itu dilaporkan akan semakin tren di tahun ini.

Ternyata, ponsel lipat sudah ada sejak 1990-an dan 2000-an loh! Namun, teknologinya belum secanggih ponsel lipat saat ini karena dulu lipatan berada di antara engsel papan ketik dan layar, bukan langsung di layar seperti saat ini.

"(Perubahan bentuk ponsel lipat) itu terjadi karena adanya teknologi layar fleksibel," tulis Howtogeek, dikutip Rabu (22/1/2020).

Baca Juga: Ponsel Lipat Baru Samsung Lebih Murah dari Galaxy Fold, Cuma Rp18 Jutaan

Ponsel lipat di masa ini punya layar OLED fleksibel yang terbuat dari layar polimer serta komponen khusus. Layar OLED berfungsi lewat aliran listrik di senyawa organik.

Jaringan OLED begitu tipis, fleksibel, dengan warna cerah dan tak butuh backlight. Warnanya pun lebih tebal dari tampilan LED.

Tampilan layar yang cerah dan fleksibel ini telah diproduksi terutama oleh Samsung. Contohnya pada Galaxy S7 Edge yang dilengkapi dengan layar OLED melengkung.

Ponsel lipat fleksibel tak dibuat dengan sekejap karena komponen-komponen fleksibel lain dari perangkat itu juga baru dirakit oleh vendor.

Penulis: Tanayastri Dini Isna
Editor: Tanayastri Dini Isna

Bagikan Artikel:

Video Pilihan