Sepanjang 2019, Ini yang Harus Riau Alami, dari Karhutla Sampai . . . .

Sepanjang 2019, Ini yang Harus Riau Alami, dari Karhutla Sampai . . . . Kredit Foto: Satria Kurnia

2019 hampir berakhir, beragam fenomena terjadi di Provinsi Riau hingga menarik perhatian publik nasional. Dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla), hingga banjir yang menelan korban.

Berikut ini rincian dari kejadian-kejadian di Riau sepanjang 2019:

Kebakaran Hutan

Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di sebagian wilayah Provinsi Riau memberikan dampak buruk bagi kehidupan masyarakat di bumi melayu. Rusaknya lingkungan telah menjadi lonceng bencana  bagi kehidupan flora, fauna hingga manusia.

Pemerintah kesulitan dalam mengatasi persoalan ini karena kejahatan pembakaran lahan melibatkan pelaku perorangan hingga korporasi.

Baca Juga: Bolak-Balik Karhutla, Tito Minta Daerah Dikasih Anggaran Sendiri

Asap pekat menyelimuti Provinsi Riau. Akibatnya, transporasi udara, darat dan laut terganggu, sejumlah sekolah pun diliburkan, ekonomi masyarakat merosot.

Satgas Karhutla Riau terus berupaya melakukan pemadaman di tengah pekatnya asap kebakaran lahan gambut yang terbakar di Desa Rimbo Panjang, Kabupaten Kampar, Riau, Senin (16/9/2019). Kebakaran hutan dan lahan itu menyebabkan kabut asap.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Berita Terkait

Video Pilihan

HerStory

Terpopuler

Terkini