WTR Siapkan Fasilitas Tol Sambut Nataru

WTR Siapkan Fasilitas Tol Sambut Nataru Kredit Foto: Antara/Muhammad Adimaja

Menjelang libur hari raya Natal dan Tahun Baru (Nataru), PT Waskita Toll Road (WTR) telah melakukan persiapan untuk kebutuhan pengguna jalan tol yang kemungkinan besar akan meningkat signifikan.

Beberapa persiapan yang dilakukan di antaranya pelayanan rest area hingga prediksi lalin di ruas tol Trans Jawa yang dimiliki WTR sepanjang 238 KM yang dimulai dari Kanci hingga Probolinggo. Prediksi puncak arus mudik Nataru di ruas tol Trans Jawa dimulai pada tanggal 21–22 Desember 2019. Dimulai pada tanggal 21 Desember 2019 pada pukul 06.00 WIB s.d. 18.00 WIB akan diberlakukan One Way Traffic (satu arah) dimulai dari KM 70 GT Tol Cikatama sampai dengan KM 414 GT Tol Kalikangkung.

Baca Juga: Penampakan, Mudik Nataru Sudah Terlihat di Tol Cikampek

Di sepanjang Tol Trans Jawa, WTR memiliki 12 rest area dengan 2 (dua) tipe yaitu tipe A (TIP) dan tipe B (TI) yang berfungsi secara penuh maupun fungsional. Terdapat 4 (empat) rest area TIP dan 8 (delapan) TI termasuk di dalamnya 3 (tiga) rest area fungsional.

Di kesempatan kali ini, rest area di KM 228 A Kanci-Pejagan yang berada di jalur ke arah Surabaya tengah mengadakan Festival Durian sebagai daya tarik kepada pengguna jalan tol. Sebagai salah satu rest area terbaik dan mendapatkan penghargaan dari MURI, rest area KM 228 A juga memiliki fasilitas yang baik dan lengkap di antaranya jumlah  toilet sebanyak 308 unit dan fasilitas ibadah (masjid) yang cukup besar.

Selain itu, di jalur yang sama terdapat rest area di KM 344 A (ruas tol Pemalang–Batang) dan di KM 819 A dan KM 819 B yang terdapat di ruas tol Pasuruan–Probolinggo. Untuk rest area Type B milik WTR pada saat Nataru juga dilengkapi dengan stasiun pengisian bahan bakar yang menggunakan mobile dispenser.

Di sepanjang ruas tol Trans Jawa ini terdapat beberapa fasilitas penunjang seperti fasilitas pelayanan lalu lintas dan fasilitas transaksi. Untuk pelayanan lalu lintas, di sepanjang ruas tol Trans Jawa milik WTR terdapat 7 unit ambulance, 13 unit mobil derek, 11 unit Patroli Jalan Raya, dan 12 unit Layanan Jalan Tol. Sementara untuk fasilitas pelayanan transaksi terdapat 52 titik Gardu Tol Otomatis, 18 titik lokasi Top Up kartu elektronik, dan 13 Unit Mobile Reader.

Pada tol Trans Sumatera, WTR juga mengoperasikan secara fungsional ruas tol Kayu Agung-Palembang dari tanggal 20 Desember 2019 sampai dengan 5 Januari 2020. Pengoperasian tol tersebut berlaku dari jam 06.00 pagi sampai dengan 18.00.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini