BPPT Punya Inovasi Teknologi Baru, Bisa Selamatkan Ribuan Nyawa dalam 1 Menit!!

BPPT Punya Inovasi Teknologi Baru, Bisa Selamatkan Ribuan Nyawa dalam 1 Menit!! Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Ada sejumlah inovasi dan teknologi baru ciptaan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan mereka baru saja mengulasnya. Salah satu di antaranya berkaitan dengan kebencanaan.

Kepala BPPT, Hammam Riza menyampaikan, keberadaan Indonesia di wilayah cincin api membuat Tanah Air membutuhkan sistem peringatan dini demi mitigasi bencana alam.

"Peringatan dini bisa dipersingkat, dari munculnya gempa bumi sampai tsunami. Satu menit itu dapat menyelamatkan puluhan sampai ribuan nyawa," ujarnya di Jakarta.

Baca Juga: Waspada! Jabar Rawan Bencana

Selain itu, program Buoy Tsunami Early Warning System juga perlu dilanjutkan tahun depan. Ia pun mengaku akan menyusun program berbasis Buoy generasi baru yang bernilai hingga Rp5 miliar.

Hammam berujar, "Indonesia negara maju dalam mitigasi bencana, kita utamakan menurunkan peringatan dini, dari lima menit menjadi tiga menit mulai tahun depan."

Merujuk ke rencana, Buoy generasi keempat berjumlah 12 sampai 2020. Sementara, itu akan diletakkan di laut selatan Jawa. Saat ini baru tersedia empat alat, sedangkan delapan Buoy lainnya bakal diluncurkan dalam waktu dekat.

"Ditambah dengan empat cadangan, itu fungsinya untuk mengganti Buoy yang harus mendapat perawatan atau diisi ulang baterainya," jelas Hammam.

Faktanya, Indonesia berada di urutan kedua terbawah dari 61 negara di dunia dalam hal minat baca. Mau sampai kapan? Mulai aja dulu dari #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini