Rusia Gak Setuju NATO Ingin Kuasai Timur Tengah, Menlu Lavrov: Sudah, Eropa Saja!

Rusia Gak Setuju NATO Ingin Kuasai Timur Tengah, Menlu Lavrov: Sudah, Eropa Saja! Kredit Foto: Reuters/Maxim Shemetov

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov menuturkan, NATO tidak hanya ingin menguasai wilayah Euro-Atlantik, tapi juga kawasan Timur Tengah. Hal itu disampaikan Lavrov di Pertemuan ke-26 Dewan Menteri OSCE di Bratislava, Rumania.

"NATO melanjutkan ekspansi nekatnya, infrastruktur militer blok itu bergerak cepat ke timur, dekat dengan perbatasan Rusia. Ada ketegangan permanen, tuduhan niat agresif dari bagian Rusia. Semua ini terjadi di tengah rekor peningkatan anggaran militer, keputusan yang diadopsi selama KTT baru-baru ini di London," kata Lavrov.

Dalam paparannya, Lavrov membeberkan fakta-fakta yang nampak. NATO terpantau ingin tunjukkan dominasinya di Euro-Atlantik hingga ke Timur Tengah.

Baca Juga: Curi Uang Rp1,4 Triliun dengan Retas..., Hacker Top Rusia Jadi Buronan AS

"Fakta yang kami lihat menunjukkan situasi yang jelas bagi kami, NATO ingin mendominasi di Euro-Atlantik dan, jika kita melihat langkah-langkah NATO di wilayah lain di dunia, khususnya di Timur Tengah," sambungnya, seperti dilansir Sputnik pada Jumat (6/12/2019).

Lavrov lalu mencatat bahwa Rusia memiliki respons terhadap semua ancaman yang ditimbulkan oleh NATO dan akan memastikan keamanannya tanpa turut terbawa dalam perlombaan senjata.

"Kami memiliki respons terhadap semua ancaman yang semakin besar oleh NATO ketika secara langsung menyebut Rusia dan China sebagai target ancaman ini. Kami tahu bagaimana kami dapat menanggapi ancaman ini dan memastikan keamanan kami tanpa memasuki perlombaan senjata," tukasnya.

Faktanya, Indonesia berada di urutan kedua terbawah dari 61 negara di dunia dalam hal minat baca. Mau sampai kapan? Mulai aja dulu dari #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini