Pemerintah Fokus Siapkan Pavilion Indonesia untuk Expo Dubai 2020, Begini Gambarannya

Pemerintah Fokus Siapkan Pavilion Indonesia untuk Expo Dubai 2020, Begini Gambarannya Kredit Foto: Kemendag

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perdagangan terus bersiap mengikuti Expo 2020 Dubai yang akan berlangsung 20 Oktober 2020 hingga 10 April 2021 di Dubai mendatang. Pelaku usaha di Indonesia yang menjadi sponsor event tersebut pun mulai membocorkan informasi yang disajikan pada Paviliun Indonesia di Expo 2020 Dubai. Diharapkan, hal itu menjadi momentum pendorong semangat kebersamaan Indonesia menuju Expo 2020 Dubai dan Indonesia Emas 2045.

PT Astra International Tbk, sponsor utama Paviliun Indonesia, menyatakan bahwa Astra turut mendukung Pemerintah Indonesia dalam berpartisipasi pada World Expo 2020 Dubai. Wujud partisipasi itu adalah Paviliun Indonesia untuk mengharumkan nama Indonesia di kancah global.

Baca Juga: PLN Pamer Motor Listrik di IIMS Motobike Expo 2019

Boy Kelana Soebroto, Head of Corporate Communications PT Astra International, mengatakan, kehadiran Astra merupakan yang ke-3 kalinya setelah turut mendukung World Expo 2010 Shanghai dan World Expo 2015 Milan. Astra berharap melalui dukungannya di World Expo 2020 Dubai dapat turut mengharumkan nama bangsa melalui Paviliun Indonesia.

"Semangat ini sejalan dengan cita-cita Astra yaitu sejahtera bersama bangsa," ujar Boy Kelana.

Sementara itu, PT Wijaya Karya Persero (Wika) menyatakan pihaknya masih berkonsentrasi menuntaskan kerja pembangunan Paviliun Indonesia. Sebagai sponsor serta kontraktor dalam pembangunan Paviliun Indonesia di Expo 2020 Dubai, sampai saat ini masih fokus kepada proses konstruksi agar Paviliun Indonesia dapat selesai tepat waktu sesuai spesifikasi yang telah ditentukan.

Mahendra Vijaya, Corporate Secretary Wika mengatakan bahwa melalui event ini, Wika ingin menampilkan kepada masyarakat global bahwa Wika adalah salah satu BUMN Indonesia yang sukses berkiprah di luar negeri dan mampu bersaing di kancah global. Hal ini diharapkan mampu membangun citra yang baik sehingga Wika dapat memperluas pangsa pasar global.

Di tempat terpisah, APRIL Group juga akan memberikan informasi yang menarik bagi pengunjung Paviliun Indonesia. Secara umum, perusahaan ini akan menampilkan gambaran Grup APRIL yang mengelola pabrik pulp dan kertas yang terintegrasi dan berkelas dunia.

APRIL juga juga mendukung agenda SDGs, perusahaan telah menerapkan sejumlah komitmen yang selaras dengan agenda pemerintah dan global secara menyeluruh. APRIL Grup akan membawa semangat keseimbangan antara produksi dan proteksi (production-protection) yang selama ini diusung APRIL di semua bentang alam tempatnya berkarya.

"Kepada dunia, kita tunjukkan bahwa pembangunan dengan basis kelestarian adalah modal penting bangsa ini menuju Indonesia Emas 2045," ujar Anita Bernardus, Head of National Communications, APRIL Group.

Sementara, PT Gajah Tunggal Tbk, menurut Chatarina Widjaja, Director of Corporate  Communications and Investor Relations/Corporate Secretary, akan menampilkan sesuatu yang menyuarakan optimisme. Secara garis besar, perusahaan ini bermaksud memperlihatkan kemampuan sebagai perusahaan nasional kebanggaan Indonesia yang memproduksi produk kelas dunia dan dapat bersaing secara global. Antara lain dengan menunjukan beberapa produk yang berperfoma tinggi.

"PT Gajah Tunggal Tbk sangat bangga dapat berpartisipasi serta menjadi sponsor. Dengan mengikuti acara ini, kami mengharapkan pasar ekspor kami makin meningkat," jelas Chatarina.

Salah satu konsep Paviliun Indonesia akan menampilkan restoran khas Indonesia yang diwakili oleh Citrarasa Prima (CRP) Group. Persiapan CRP juga sudah hampir matang. Saat ini sudah sampai ke tahap persiapan menu dan konsep detail store. CRP akan mempersembahkan brand lokal asli Indonesia yang siap bersaing di global serta memperkenalkan bahwa kopi Indonesia adalah salah satu kopi terbaik di dunia serta memperkenalkan rempah terbaik indonesia melalui kuliner.

Sejak peletakan batu pertama Paviliun Indonesia pada 9 September 2019, sejumlah perusahaan telah mendeklarasikan komitmennya sebagai sponsor paviliun. Selain beberapa perusahaan tersebut, pemerintah Indonesia juga mempercayakan pengelolaan Paviliun Indonesia kepada PT Samudra Dyan Praga selaku operating agency yang saat ini tengah mengembangkan Agenda Paviliun Indonesia selama 173 hari dari 20 Oktober 2020 hingga 10 April 2021 untuk masyarakat global pengunjung Expo 2020 Dubai.

Faktanya, Indonesia berada di urutan kedua terbawah dari 61 negara di dunia dalam hal minat baca. Mau sampai kapan? Mulai aja dulu dari #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini