Mesir Beli 20 Lebih Jet Tempur Su-35 Rusia, AS Mengancam

Mesir Beli 20 Lebih Jet Tempur Su-35 Rusia, AS Mengancam Kredit Foto: Reuters/Maxim Shemetov

Rencana Mesir untuk membeli lebih dari 20 unit jet tempur Su-35 Rusia mendapat ancaman dari Amerika Serikat (AS). Jet tempur yang sama dengan yang dibeli Indonesia juga masih belum jelas kapan pengirimannya.

Ancaman sanksi itu diungkap surat kabar Wall Street Journal (WSJ) dalam laporannya hari Kamis (14/11/2019).

Rusia, yang telah menjadi salah satu pemasok senjata utama Mesir, berencana untuk memulai pengiriman pesawat tempur superioritas udara Su-35 Flanker-E ke negara tersebut pada awal 2020 hingga 2021. Sedangkan AS selama ini mengucurkan bantuan militer senilai US1,3 miliar kepada Mesir.

Baca Juga: Pengiriman Jet Tempur Su-35 Rusia ke Indonesia Bakal Segera Rampung, AS Beri Peringatan

Menurut WSJ, ancaman Washington disampaikan Menteri Luar Negeri Mike Pompeo dan Menteri Pertahanan Mark Esper kepada Menteri Pertahanan Mesir Mohamed Ahmed Zaki Mohamed.

Kedua menteri Amerika itu mengatakan bahwa kesepakatan pembelian Su-35 Moskow oleh Kairo dapat memicu sanksi.

"Kesepakatan senjata baru besar dengan Rusia akan—paling tidak—mempersulit transaksi pertahanan AS di masa depan dengan dan bantuan keamanan kepada Mesir," kata Pompeo dan Esper yang dikutip surat kabar tersebut.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini