Kesepakatan Paris untuk Perubahan Iklim Didukung Penuh OPEC

Kesepakatan Paris untuk Perubahan Iklim Didukung Penuh OPEC Kredit Foto: Sindonews

Sekretaris Jenderal Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC), Mohammad Barkindo, menyatakan kelompok produsen minyak itu sepenuhnya mendukung Kesepakatan Paris untuk perubahan iklim. Sikap ini muncul setelah Amerika Serikat (AS) mengajukan dokumen untuk menarik mundur Washington dari pakta itu.

"OPEC sepenuhnya terlibat dengan Kesepakatan Paris," ujar Barkindo saat peluncuran Outlook Minyak Dunia OPEC.

Baca Juga: Terapkan Kesepakatan OPEC, Rusia, dan Arab Saudi Sepakat Kurangi Produksi Minyak

Pemerintahan Presiden AS Donald Trump mengajukan dokumen untuk menarik keluar AS dari Kesepakatan Paris, langkah pertama dalam proses satu tahun untuk keluar dari pakta global memerangi perubahan iklim. Langkah ini bagian dari strategi lebih luas oleh Presiden Trump untuk mengurangi birokrasi pada industri AS namun terjadi saat para pakar dan banyak negara lain mempercepat langkah menghindari dampak pemanasan global. Saat keluar, AS akan menjadi satu-satunya negara di luar kesepakatan itu. AS merupakan emiter gas rumah kaca terbesar di dunia dan produsen utama minyak dan gas.

Menteri Luar Negeri (Menlu) AS Mike Pompeo mengonfirmasi langkah itu dalam posting di Twitter pada Senin (4/11). Dia menyatakan AS telah mengurangi emisi dalam beberapa tahun terakhir saat meningkatkan produksi energinya.

"AS bangga dengan catatan kami sebagai pemimpin dunia dalam mengurangi semua emisi, meningkatkan ketangguhan, menumbuhkan ekonomi kita dan menjamin energi untuk warga kita," kata Pompeo.

 

 

Faktanya, Indonesia berada di urutan kedua terbawah dari 61 negara di dunia dalam hal minat baca. Mau sampai kapan? Mulai aja dulu dari #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: PHP Startup: Unable to load dynamic library '/usr/lib/php/20131226/memcached.so' - /usr/lib/php/20131226/memcached.so: undefined symbol: php_msgpack_serialize

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: