Pemkab Konawe Kembangkan Ekonomi Berbasis Maritim

Pemkab Konawe Kembangkan Ekonomi Berbasis Maritim Kredit Foto: Antara/Ampelsa

Pemerintah Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, mendorong pengembangan dan pembangunan ekonomi berbasis maritim atau berbasis kelautan.

Bupati Konawe Utara, Ruksamin, mengatakan wilayah Konawe Utara sendiri mempunyai potensi kelautan dan perikanan yang luar biasa yang terus dikembangkan melalui dorongan dan dukungan berbagai pihak.

"Kami terus berupaya melakukan terobosan yang bertujuan membangun ekonomi maritim untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Konawe Utara yang berkelanjutan," katanya  di Kendari, Minggu (29/4/2018).

Menurut dia, pembangunan ekonomi maritim menjadi tantangan Pemda dengan terus membangun jaringan konektivitas, baik kepada para pemodal maupun pakar ilmuan di bidangnya.

"Selain itu juga, kami berupaya membentuk dan menjadikan masyarakat nelayan berkualitas dan berfaslitas lengkap serta menjadikan Konawe Utara sebagai poros maritim nasional," katanya.

Ia menjelaskan, pembangunan ekonomi maritim merupakan studi yang sangat luas, meliputi berbagai bidang, berbagai unsur, dan berbagai aspek pembangunan yang sangat luas, seperti ekonomi, sosial, budaya, dan politik.

"Mengingat sangat pentingnya peranan dan fungsi pembangunan maritim, maka pembangunan ekonomi maritim perlu dipelajari sebagai suatu studi tersendiri," katanya.

Hal itu kata dia, perlu dilakukan dalam upaya mendukung pengembangan dan pengelolaan sumber-sumber daya kemaritiman dan kelautan secara lebih optimal dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat maritim yang lebih tinggi.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini