Kenaikan Tertinggi Trafik Data XL Selama Lebaran Capai 11 Persen

WE Online, Surabaya - PT XL Axiata Tbk mencatat peningkatan trafik pemakaian data selama bulan Ramadhan hingga Lebaran 1436 Hijriah karena besarnya kebutuhan masyarakat terhadap akses internet pada momentum tersebut.

"Kenaikan tertinggi sebesar 11 persen dan kondisi itu dimulai H-2 Idul Fitri 1436 Hijriah dibandingkan hari biasa," kata Direktur Service Management XL, Ongki Kurniawan, di Surabaya, Rabu (22/7/2015).

Menurut dia, secara keseluruhan kenaikan trafik data pada Lebaran tahun 2015 meningkat 41 persen dibandingkan dengan Lebaran 2014. Meski begitu, sampai sekarang kualitas jaringan XL juga terjaga dengan baik.

"Bahkan, jumlah keluhan mengalami penurunan sebesar 32 persen dibandingkan tahun sebelumnya," ujarnya.

Ia menjelaskan, jaringan XL mampu melalui masa kenaikan trafik sepanjang Ramadhan hingga puncak Lebaran dengan lancar baik untuk layanan voice, sms maupun data. Kelancaran ini tidak terlepas dari keseriusan seluruh tim XL, termasuk juga dengan menerapkan sejumlah perangkat canggih dalam sistem pemantauan jaringan di seluruh wilayah layanan.

"Selain itu, juga didukung jaringan dan sistem billing yang telah kami persiapkan untuk menerima peningkatan trafik selama Ramadhan dan Lebaran 1436 Hijriah," katanya.

Ia menambahkan, dalam tiga tahun terakhir terlihat pergeseran kebiasaan pelanggan dalam menggunakan layanan komunikasi. Pemakaian layanan percakapan telepon (voice) dan SMS kian berkurang. Jika dibandingkan trafik pemakaian di hari-hari biasa, tercatat penggunaan layanan voice turun hingga 35 persen sedangkan untuk SMS turun hingga sekitar 40 persen.

"Perubahan trafik layanan voice dan SMS ini lebih disebabkan karena pergeseran kebiasaan pelanggan yang saat ini lebih memilih menggunakan layanan media jejaring sosial. Mereka juga lebih memilih memakai layanan sejenis instant messenger dalam melakukan komunikasi selama menjelang Idul Fitri," katanya.

Dengan begitu, kata dia, kenaikan trafik penggunaan layanan komunikasi berbasis digital terus meningkat. Khususnya di sejumlah media jejaring sosial utama dan layanan sejenis instant messenger dibandingkan hari biasa sebelum ramadhan. Sementara itu, menjelang lebaran sekitar 26 persen dari pelanggannya di wilayah Jabodetabek terpantau berpindah lokasi ke luar kota.

"Perpindahan tertinggi terjadi menuju Jawa Tengah yakni di Tegal sebesar 65 persen, disusul kenaikan di Pekalongan dan Kebumen). Kalau di Jatim kenaikan tertinggi terjadi di Madura sebesar 300 persen, diikuti Blitar dan Jombang serta Jawa Barat dan Banten (kenaikan 30 - 40 persen terjadi di Sukabumi, Tasikmalaya, Pandeglang, dan Cilegon)," katanya. (Ant)

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini