Dunia Keuangan: Semua tentang kompetisi

Oleh: Duncan Ash, Director, Financial Services, Qlik

WE Online-Jakarta - Industri keuangan lekat dengan istilah kompetitif, baik itu di industri  perbankan, asuransi, atau bahkan antara sesama rekan kerja, industri ini selalu diwarnai dengan usaha untuk menjadi yang terbaik. Kabar baiknya adalah, ketika dikelola dengan benar, kompetisi akan memberi manfaat kepada pelanggan –  semakin perusahaan jasa keuangan saling berkompetisi, semakin mereka berusaha memberikan layanan dan harga yang terbaik kepada konsumen.

Jadi apa yang bisa dilakukan institusi jasa keuangan dan perbankan ini untuk memastikan mereka akan menang di dunia yang kompetitif ini? Bagaimana sebuah institusi membedakan dirinya dari yang lain dan memastikan mereka memimpin pasar? Menurut kami kunci hal ini terletak pada data mereka, dan yang paling penting, melakukan langkah-langkah untuk memastikan data ini digunakan dengan cara yang seefektif mungkin.

Ketika banyak institusi jasa keuangan di dunia menggunakan suatu bentuk business intelligence atau analitis data – termasuk lebih dari 2,500 perusahaan yang menggunakan solusi kami –kami menemukan bahwa banyak perusahaan yang belum memanfaatkan perangkat ini semaksimal mungkin. Banyak dari perusahaan ini memiliki teknologi untuk mengelola risiko, memenuhi kewajiban dari pemerintah, mencari peluang pertumbuhan dan meningkatkan marjin, tetapi seringkali kami menemukan bahwa kumpulan-kumpulan data ini disimpan di tempat-tempat yang terpisah, setiap departemen melihat data mereka sendiri-sendiri – dan hanya orang-orang tertentu dalam tiap departemen yang memiliki akses terhadap data tersebut. Data-data ini juga seringkali ditemukan bersembunyi di spreadsheet Excel, yang memang berfungsi bagus untuk mengerjakan persamaan dan rumus, tetapi seringkali disimpan sendiri-sendiri, dengan sedikit kemampuan referensi silang atau mendapatkan gambaran yang tepat tentang apa yang sedang terjadi.

Ini terdengar seperti investasi yang sia-sia – mengapa membatasi akses hanya pada orang-orang tertentu, sementara Anda bisa memanfaatkan sifat kompetitif industri dan memberi akses kepada setiap bagian dalam bisnis informasi yang relevan untuk mereka. Memang banyak data yang sensitif dalam perbankan, namun ada banyak keuntungan yang bisa didapat dengan memberikan akses lintas departemen terhadap data non-sensitif, sehingga dapat terjadi referensi silang dan dianalisa oleh sejumlah karyawan. Dengan data terbuka pada platform yang mudah digunakan, karyawan bebas menjelajah informasi, dan menemukan hal-hal penting sambil melakukan itu. Kami sering menemukan bahwa wawasan terbaik justru bukanlah yang dengan sengaja dicari, namun seringkali tanpa sengaja ditemukan ketika sedang menjelajah informasi.

Dengan industri keuangan yang terus mengembangkan seni berkompetisi, Anda akan melihat para karyawan dalam sektor ini menikmati tren gamification yang sudah jadi semakin umum dalam banyak sistem bisnis. Agar karyawan menjadi kompetitif secara alamiah, institusi finansial sebaiknya memastikan mereka memanfaatkan hal ini dan menyediakan untuk mereka sistem yang menghadirkan gamification dan mengubah eksplorasi data menjadi sebuah kompetisi. Tidak harus melawan institusi lain – bila karyawan diberikan perangkat lunak yang membantu mereka menganalisa data sendiri dan menjadi yang pertama menemukan wawasan terbaik, maka hal ini bisa menjadi cara mendorong sifat alamiah mereka untuk bersaing dengan para kolega – menantang mereka menjadi yang pertama mendapatkan wawasan yang akan memberi manfaat terbaik bagi bisnis. Pada akhirnya, apabila karyawan memanfaatkan insting kompetisi mereka untuk menggali data dan mengamati perubahan pasar secara tepat waktu, maka mereka menempatkan organisasi mereka di depan para kompetitor. Bila karyawan Anda ingin bersaing, doronglah. Jangan hanya mendorong mereka berkompetisi dengan organisasi lain – berikan mereka alat untuk ‘bermain’ melawan teman-teman di internal jadi yang pertama menemukan informasi berguna.

Kompetisi adalah sesuatu yang alami, namun di industri keuangan, kompetisi sangat marak. Bila organisasi mampu memfasilitasi keputusan yang lebih baik dan lebih cepat, dan mempersenjatai karyawan dengan platform yang tepat yang bisa mengubah hal ini menjadi sebuah permainan, maka tiba-tiba mereka akan menemukan diri mereka dalam perjalanan menuju sukses dengan analitis data, siap untuk memiliki wawasan terbaik mendahului kompetitor Anda – internal atau eksternal.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini