Rusun Pasar Rumput Disiapkan bagi Korban Banjir Ciliwung

Rusun Pasar Rumput Disiapkan bagi Korban Banjir Ciliwung Kredit Foto: PUPR

Kementerian PUPR melalui Ditjen Perumahan bekerja sama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) DKI Jakarta memprioritaskan Rumah Susun (Rusun) Pasar Rumput untuk warga yang terkena bencana banjir Sungai Ciliwung.

Rusun Pasar Rumput terdiri atas tiga tower dengan tinggi 25 lantai dan terdapat 1.984 unit serta 1.314 kios untuk penghuni yang bekerja sebagai pedagang. Rusun tersebut merupakan rusun yang berada di bawah wilayah Satuan Kerja Penyediaan Perumahan (Satker PP) DKI Jakarta.

Baca Juga: Kementerian PUPR Selesaikan Pembangunan Rusun bagi ASN Pemkab Lebong di Bengkulu

Kepala Satker PP DKI Jakarta, Ridwan Dibya Sudartha, menjelaskan bahwa Kementerian PUPR melalui Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Jawa I (BP2P Jawa I) yang membawahi wilayah DKI Jakarta berkomitmen untuk menyediakan hunian layak bagi warga Ibu Kota.

"Rusun Pasar Rumput termasuk ke dalam program Sejuta Rumah yang bertujuan untuk membantu warga terdampak banjir daerah bantaran Ciliwung agar mereka mendapatkan akses ke hunian layak huni. Fasilitas air bersih, sanitasi, hingga ventilasi telah disiapkan untuk mendukung kehidupan warga," ujar Ridwan di Jakarta, Selasa (9/3/2021).

Seperti diketahui, meluapnya sungai seperti Ciliwung merupakan salah satu penyebab terjadinya banjir di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini