Cita Citatata Dibayar Ratusan Juta dari Uang Korupsi Bansos

Cita Citatata Dibayar Ratusan Juta dari Uang Korupsi Bansos Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Pedangdut Cita Citata turut disebut dalam sidang dugaan suap pengadaan bantuan sosial (bansos) penanganan Covid-19 untuk wilayah Jabodetabek tahun anggaran 2020. Dia diduga turut menerima uang senilai Rp 150 juta dari hasil fee pengadaan bansos Covid-19.

Hal itu diungkapkan Mantan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kemensos, Matheus Joko Santoso saat menjadi saksi untuk dua orang terdakwa, Harry Van Sidabukke dan Ardian Iskandar Maddanatja dalam perkara suap terkait penunjukan perusahaan penyedia bansos sembako Covid-19 di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (8/3). 

Awalnya, jaksa penuntut umum (JPU) pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengonfirmasi berita acara pemeriksaan (BAP) milik Joko terkait aliran uang senilai Rp 16,7 miliar yang diduga mengalir ke berbagai pihak. Kepada Jaksa, Joko mengakui aliran uang itu digunakan untuk berbagai kegiatan, salah satunya di Labuan Bajo.

"Pembayaran artis, untuk kegiatan rapat Labuan Bajo Rp 150 juta," ujar Jaksa Muhammad Nur Azis saat membacakan BAP milik Joko. 

Jaksa lalu mencecar, mengapa pembayaran tersebut diambil dari fee pengadaan bansos. Kepada Jaksa, Joko mengaku hanya menjalankan perintah. "Kenapa ambil dari fee?," cecar Jaksa.

"Tidak tahu, hanya jalankan perintah," ujar Joko. "Artisnya siapa?," cecar Jaksa lagi. 

"Informasinya Cita Citata, saya tidak hadir," ujar Joko.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini