Jelang Libur Isra Mi'raj, Kemenkes Minta Masyarakat Waspada

Jelang Libur Isra Mi'raj, Kemenkes Minta Masyarakat Waspada Kredit Foto: Antara/Muhammad Iqbal

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi, mengatakan agar masyarakat tetap menjaga kewaspadaan terhadap penularan Covid-19 terutama menjelang libur hari raya Isra Mi'raj.

Pemerintah berulang kali menekankan bahwa libur panjang kerap menjadi alasan mengapa angka kematian kasus Covid-19 menjulang tinggi. Terlebih, strain B117 yang sudah masuk ke Indonesia menjadi alasan mengapa masyarakat harus lebih waspada.

Baca Juga: Indonesia Datangkan 1,1 Juta Dosis Vaksin Astra Zeneca

"Dengan tambahan kasus B117 di Indonesia, tentunya kami harap masyarakat makin waspada," kata Siti dalam Penjelasan Kemenkes Terkait Mutasi Covid-19 yang ditayangkan secara daring, Senin (8/3/2021).

B117 merupakan bentuk mutasi dari virus corona (Covid-19) yang pertama kali ditemukan di Inggris. Penelitian menunjukkan bahwa mutasi Covid-19 ini lebih menular.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan ada empat kasus baru strain B117 yang ditemukan di Indonesia. Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono juga mengungkapkan ada dua kasus positif strain B117 pada 2 Maret 2021.

Total jumlah kasus positif strain B117 ada enam kasus.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terkini