Sama-sama Lakukan Kudeta, Jenderal Min dan Jenderal Moeldoko Ternyata Pernah Salam Komando Lho!

Sama-sama Lakukan Kudeta, Jenderal Min dan Jenderal Moeldoko Ternyata Pernah Salam Komando Lho! Kredit Foto: Istimewa

Manuver Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mencaplok Partai Demokrat jadi gunjingan warganet (netizen). Foto Moeldoko yang pernah berpose bareng pimpinan kudeta di Myanmar, Jenderal Min Aung Hlaing dipajang di linimasa Twitter. Keduanya dijuluki jenderal kudeta.

Respons warganet terhadap Kongres Luar Biasa (KLB) Demokrat di Deli Serdang, macam-macam. Ada yang menyindir halus, ada yang mengritik, tak sedikit yang mengecam.

Baca Juga: Mau Jadi Ketua Umum Demokrat Versi KLB, Pak Moeldoko Punya Julukan Baru Nih! Begal...

Salah satu bentuk sindiran terhadap Moeldoko itu diungkapkan dengan mengunggah foto lama Moeldoko saat menjadi Panglima TNI dengan Panglima Angkatan Bersenjata (Pangab) Myanmar, Jenderal Senior Min Aung Hlaing.

Dalam foto tersebut, kedua jenderal mengenakan seragam militer lengkap. Bintang empat di pundak, dan berbagai pin penghargaan tertempel di dada. Moeldoko mengenakan seragam warna hijau tua, sementara Aung Hlaing mengenakan seragam warna krem dengan dasi warna hitam.

Keduanya berpose salam komando dengan sama-sama tersenyum lebar. Foto itu diambil saat Aung Hlaing berkunjung ke Mabes TNI Cilangkap pertengahan Februari 2014. Saat itu, Moeldoko menjabat sebagai Panglima TNI.

Peneliti kebijakan strategis and militer di Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Evan A Laksmana yang ikut mengunggah foto tersebut. "Kisah dua kudeta?" cuit @EvanLaksmana dalam Bahasa Inggris.

Bukan hanya Evan yang mengunggah foto tersebut. Akun @purikp juga mengunggah foto tersebut. "Salah satu keahlian jenderal-jenderal Asia Tenggara setelah berbintang empat: kudeta skala nasional dan skala partai," kicaunya sambil tersenyum.

Baca Juga: Momen Pidato SBY-AHY Kompak Sebut Moeldoko Berkali-kali

Akun @sirianagde menjelaskan foto tersebut. "Baju krem adalah Jenderal Min Aung yang lakukan kudeta di Myanmar. Sebelahnya adalah Jend Moeldoko. Anda bisa teruskan ceritanya sendiri," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini