Varian Baru Corona Bisa Cepat Menyebar di Jakarta, Waspada Ketika Libur Panjang

Varian Baru Corona Bisa Cepat Menyebar di Jakarta, Waspada Ketika Libur Panjang Kredit Foto: Antara/FB Anggoro

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta diminta memperketat pergerakan orang keluar masuk ke Ibu Kota. Terutama, pada saat libur atau cuti bersama. Sebab, kehadiran varian baru virus Corona bisa memperpanjang pandemi.

Sebagai informasi, pada Kamis (11/3), terdapat tanggal merah memperingati Isra Miraj. Sementara Minggu (14/3) adalah libur Hari Raya Nyepi.

Baca Juga: Bikin Tenang, Vaksin Covid-19 Dipercaya Masih Ampuh Cegah Penularan Virus Baru Corona B117

Epidemiolog Universitas Griffith Australia, Dicky Budiman mengapresiasi keputusan pemerintah memangkas hari libur. Kebijakan itu menunjukkan pemerintah belajar dari kesalahan sebelumnya. Apalagi ada varian baru virus Corona yang ditemukan.

“Jangan sampai ini menyebar lewat pergerakan manusia yang tidak dibatasi,” kata Dicky kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Mengurangi mobilitas masyarakat terbukti berhasil mengendalikan penyebaran Covid-19. Pemerintah perlu mengantisipasi penyebaran varian baru itu.

“Jangan sampai muncul super spreader strain atau virus yang bisa menyebar cepat dan luas. Makanya, perlu diperketat lagi pembatasan pergerakan manu­sia,” imbaunya.

Menurutnya, pemerintah selama ini berhasil menekan pergerakan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Baik Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, melarang PNS di lingkungkannya untuk keluar kota selama libur panjang.

Namun, yang menjadi tantangan saat ini adalah membatasi pergerakan masyarakat. Misalnya dengan mewajibkan tes antigen warga yang menggunakan kendaraan pribadi. Bukan hanya kepada penumpang transportasi massal.

Penyekatan di perbatasan, juga diperlukan. Selain itu, yang paling penting adalah semua pihak bersabar karena situasi saat ini masih pandemi.

“Kasus Covid-19 meningkat usai libur panjang sampai 50 persen. Jadi harapannya, masyarakat juga mendukung. Pemerintah gencarkan 5M dan 3T. Kualitasnya tracing juga harus ditingkatkan,” ujarnya.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini