Industri Desain Produk Berpotensi Sumbang Pemasukan US$65,41 Miliar

Industri Desain Produk Berpotensi Sumbang Pemasukan US$65,41 Miliar Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) kembali menggelar kompetisi Indonesia Good Design Selection (IGDS) yang pada tahun ini merupakan penyelenggaraan ke-18 kali. IGDS merupakan penghargaan tertinggi untuk desain produk industri terbaik yang diberikan pemerintah kepada desainer produk industri dan perusahaan industi Indonesia.

"IGDS telah melalui perjalanan panjang dalam menghadirkan kekayaan desain produk industri Indonesia. Ajang ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 2001 hingga terakhir pada 2020," kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta, Kamis (4/3/2021).

Baca Juga: Wapres Minta Kawasan Industri Halal Dilengkapi Fasilitas Pendukung

Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin, Gati Wibawaningsih, mengatakan bahwa desain produk memberikan nilai tambah yang signifikan pada produk itu sendiri. Berdasarkan Global Industrial Design Market 2020 Research Report, nilai pasar global dari desain produk industri sangatlah besar.

"Nilai tersebut tercatat mencapai US$45,38 miliar pada tahun 2019 dan diproyeksi akan mencapai US$65,41 miliar pada akhir tahun 2026 dengan tingkat pertumbuhan sebesar 5,3% selama tahun 2021-2026," ungkapnya.

Fakta tersebut menunjukkan besarnya peluang di sektor desain industri yang dapat terus dimaksimalkan sehingga perlu dibutuhkan kolaborasi yang tepat di antara pemerintah, desainer, pelaku bisnis, dan industri.

Kali ini, Ditjen IKMA Kemenperin menggandeng enam asosiasi desain Indonesia, yaitu Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia (ADPII), Himpunan Desainer Mebel Indonesia (HDMI), Asosiasi Profesional Desain Komunikasi Visual Indonesia (AIDIA), Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII), Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI), dan Federasi Pengemasan Indonesia (IPF).

Kompetisi IGDS tahun 2021 mengusung tema "Produk Indonesia Berkarakter" yang diharapkan mampu mencerminkan karakter positif berbagai jenis Industri di Indonesia.

"Saya berharap melalui IGDS 2021 dapat lebih mendorong peningkatan kualitas dan manfaat produk untuk masyarakat dan mampu mengangkat nilai-nilai budaya lokal yang diterima oleh pasar domestik dan global sebagai solusi berkelanjutan," pungkasnya.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terkini