Jokowi Gaungkan Benci Produk Asing, Tapi Helikopternya Made in Prancis

Jokowi Gaungkan Benci Produk Asing, Tapi Helikopternya Made in Prancis Kredit Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden/Muchlis Jr

Kemarin pagi, di Istana Negara, Presiden Jokowi bikin pernyataan menggelegar: Ayo gaungkan cinta produk dalam negeri, benci produk luar negeri. Siangnya, Jokowi langsung terbang ke Banten menggunakan helikopter made in Prancis untuk meresmikan Bendungan Sindangheula dan kampus baru Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. 

Kampanye “cinta produk dalam negeri, benci produk luar negeri” disampaikan Jokowi dalam Rapat Kerja Nasional Kementerian Perdagangan (Kemendag) 2021. Dalam rapat itu, Jokowi meminta Kemendag mencari strategi yang tepat dalam pengembangan pasar produk Indonesia. 

"Produk-produk Indonesia harus terus digaungkan. Gaungkan juga benci produk-produk dari luar negeri, bukan hanya cinta, tapi benci," kata Jokowi.

Baca Juga: Seruan Pak Jokowi Bikin Kaget, Ajak Warga Harus Benci Bikinan Asing, Terus Gaungkan..

Jokowi menerangkan, Indonesia merupakan negara dengan 270 juta penduduk. Dengan jumlah tersebut, Indonesia merupakan pasar besar. Dia tidak mau pasar besar ini dijejali produk-produk impor. Makanya, branding produk lokal perlu diperkuat dan melekat. Agar masyarakat Indonesia mencintai produk Indonesia.

Beres acara, Jokowi bertolak ke Kabupaten Serang, Banten. Jokowi berangkat menumpang helikopter VVIP Kepresidenan seri AS-332 HA-3402L2 dari helipad Monas. Heli yang ditumpangi Jokowi itu made in Prancis.

Di heli itu, Jokowi ditemani Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Agus Subiyanto, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin. 

Tiba di lokasi acara, Jokowi disambut para kepala daerah se-Banten. Tampak ada Gubernur Banten Wahidin Halim, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, dan Wali Kota Cilegon Helldy Agustian. 

Bendungan ini merupakan yang keempat yang diresmikan Jokowi tahun ini. Usai peresmian, Jokowi melakukan peninjauan bendungan dengan rombongan terbatas. Dia jalan beriringan dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Di belakangnya ada Wahidin dan dua orang lainnya. Dalam sorotan kamera, Jokowi dan Basuki berdiskusi mengenai Bendungan Sindangheula. 

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini