Resep Obat China Kuno Bakal Dipakai untuk Sembuhkan Pasien Covid-19, Manjurkah?

Resep Obat China Kuno Bakal Dipakai untuk Sembuhkan Pasien Covid-19, Manjurkah? Kredit Foto: Unsplash/Nuno Alberto

China telah menyetujui tiga produk obat tradisional China (TCM) dijual secara umum untuk membantu mengobati Covid-19. Hal ini diumumkan Badan Produk Medis Nasional China pada Rabu (3/3/2021).

Melalui pernyataan, badan tersebut menjelaskan pihaknya menggunakan prosedur persetujuan khusus untuk memberi lampu hijau pada tiga produk, yang "memberikan lebih banyak pilihan untuk pengobatan Covid-19”.

Baca Juga: Eks Diplomat AS Sebut Indonesia Bisa Maju Lebih Cepat dari China, Ini Alasannya...

Produk herbal datang dalam bentuk butiran dan dilacak asal-usulnya ke "resep China kuno”. Obat tradisional ini dikembangkan dari pengobatan TCM yang telah digunakan pada awal pandemi, dan telah diteliti oleh banyak akademisi dan ahli kesehatan di garis depan.

Ketiga produk tersebut adalah "butiran pembersih paru-paru dan detoksifikasi," "butiran pengurai kelembaban dan detoksifikasi," dan "butiran pendifusi dan detoksifikasi paru-paru”.

Keamanan dan efektivitas TCM masih diperdebatkan di China. Meskipun banyak pengobatan di TCM telah digunakan selama ratusan tahun, namun kritikus berpendapat tidak ada bukti ilmiah yang dapat diverifikasi untuk mendukung manfaat yang diharapkan.

Dalam beberapa tahun terakhir, pengobatan kuno telah berulang kali dielu-elukan sebagai sumber kebanggaan nasional oleh Presiden China Xi Jinping, yang juga seorang pendukung TCM terkenal.

"Pengobatan tradisional adalah harta peradaban Tiongkok yang mewujudkan kebijaksanaan bangsa dan rakyatnya," kata Xi dalam konferensi nasional di TCM pada Oktober 2019.

Selama wabah, Xi berulang kali mendesak para dokter untuk merawat pasien dengan obat campuran China dan Barat.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Okezone Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Okezone. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Okezone.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini