Pembagian Kuota Internet Gratis Disudahi Per Mei, Mendikbud Ungkap Alasannya

Pembagian Kuota Internet Gratis Disudahi Per Mei, Mendikbud Ungkap Alasannya Kredit Foto: Kemdikbud.go.id

Mulai pertengahan bulan Mei 2021, pemerintah akan membagikan subsidi kuota internet gratis dalam rangka memenuhi kebutuhan proses pembelajaran jarak jauh untuk terakhir kalinya.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makariem mengungkapkan bahwa alasan pembagian kuota internet gratis usai sudah sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo.

Baca Juga: Nadiem Sebut Kuota Internet Belajar Berlanjut dan Dana BOS Majemuk Lebih Afirmatif

Arahan tersebut yakni memprioritaskan tenaga pengajar untuk segera divaksinasi agar kegiatan belajar mengajar dapat segera dimulai. Targetnya, menurut Nadiem, vaksinasi untuk para guru ini usai di akhir Juni.

"Sehingga di minggu kedua dan ketiga Juli di mana tahun ajaran baru itu akan dimulai semua sekolah harusnya sudah melakukan tatap muka secara terbatas," ujarnya dalam siaran daring yang ditayangkan FMB9ID_IKP, Rabu (3/3/2021).

Bulan Maret hingga Mei akan jadi bulan-bulan terakhir pendistribusian kuota gratis ini kepada murid dan guru. Nadiem juga mengatakan bahwa pembagian kuota internet gratis untuk belajar akan dimulai per tanggal 11 hingga 15 setiap bulannya hingga Mei.

Kuota yang dibagikan juga dikurangi, dengan catatan, penggunaaan kuota gratis yang disubsidi pemerintah akan lebih fleksibel, lantaran jenis kuota yang dibagikan bersifat umum.

Meski begitu, Nadiem mengatakan akan ada pengecualian akses untuk beberapa jenis aplikasi dan laman daring yakni sosial media dan gim. Di luar hal tersebut, penggunaan akses secara general untuk keperluan belajar mengajar dapat dilakukan.

"Ada beberapa yang kita keluarkan. Di luar itu ini paket yang umum," pungkasnya.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini