Produk Disabilitas Jabar Layak Ekspor, Tapi...

Produk Disabilitas Jabar Layak Ekspor, Tapi... Kredit Foto: Rahmat Saepulloh

Sejumlah produk hasil karya warga disabilitas Jawa Barat diyakini bisa menembus pasar ekspor manca negara. Pasalnya, mereka memiliki keterampilan yang baik terutama jika diberi bimbingan dan pelatihan. 

Namun, produk hasil karya mereka belum banyak yang terserap karena minimnya pembeli. Padahal, volume produksi warga disabilitas itu sudah cukup banyak. Baca Juga: Mantap! Eks Plt Gubernur DKI Akan Didik Disabilitas Jadi Birokrat Andal

Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat Dodo Suhendar mengatakan, Mereka diberi pelatihan keterampilan maupun pendidikan lainnya terkait kewirausahaan selama sekitar delapan bulan dalam setiap angkatannya. Sampai saat ini, pihaknya membina sedikitnya 100 penyandang disabilitas dari berbagai jenis dalam setiap tahunnya. 

"Kami fokus membina mereka berwirausaha. Mereka belajar banyak keterampilan," kata Dodo kepada wartawan di Bandung, Rabu (3/3/2021).

Dodo mengungkapkan sejumlah produk hasil warga berkebutuhan khusus itu seperti batik, gelas bermotif, dan sajadah. Tak hanya itu, pihaknya juga memberi pelatihan keterampilan lainnya seperti pijat hingga memasak agar mereka ahli dalam membuat makanan yang nantinya diperjualbelikan.

Baca Juga: Keren! Pemuda Penyandang Disabilitas Jadi Staf di Kantor Bupati

Namun, dia mengakui pihaknya belum maksimal dalam memasarkan produk hasil karya binaannya tersebut.

"Setiap warga disabilitas dapat dua jenis keterampilan, sesuai dengan minat dan bakatnya," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: PHP Startup: Unable to load dynamic library '/usr/lib/php/20131226/memcached.so' - /usr/lib/php/20131226/memcached.so: undefined symbol: php_msgpack_serialize

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: