Arab Saudi Minta Seluruh Jemaah Haji Sudah Divaksin Covid-19

Arab Saudi Minta Seluruh Jemaah Haji Sudah Divaksin Covid-19 Kredit Foto: Antara/Saudi Ministry of Media/Handout via REUTERS

Otoritas kesehatan di Arab Saudi mengatakan bahwa setiap Muslim yang ingin menunaikan ibadah haji tahunan ke Makkah harus terlebih dahulu memberikan bukti bahwa mereka telah divaksinasi Covid-19.

Kementerian Kesehatan Arab Saudi mengonfirmasi keputusan tersebut dalam sebuah pernyataan pada Selasa (2/3/2021), mengatakan bahwa vaksinasi akan menjadi "syarat utama untuk berpartisipasi".

Baca Juga: Layani Setoran Haji, UUS Bank Sinarmas Bidik KSP Syariah BMT UGT Nusantara

Pernyataan itu dirilis setelah Menteri Kesehatan Tawfiq Al Rabiah mengatakan "vaksinasi wajib" akan diperlukan untuk semua jamaah haji, demikian diwartakan RT.

Semua Muslim yang bisa melakukan haji diwajibkan melakukannya setidaknya sekali seumur hidup mereka.

Ziarah terdiri dari rangkaian ritual lima hari yang dihadiri oleh dua juta orang di dalam dan sekitar Makkah, kota suci umat Islam. Muslim percaya bahwa ritual menawarkan kesempatan untuk menghapus dosa masa lalu dan memulai lagi di hadapan Tuhan.

Kementerian tidak merinci apakah haji tahun ini, yang akan dimulai pada malam 17 Juli, akan mengecualikan jemaah haji dari luar kerajaan untuk mencegah penyebaran Covid. Ritual tahun lalu dibatasi hanya untuk 1.000 jamaah yang tinggal di Arab Saudi.

Kerajaan memulai program vaksinasi pada 17 Desember, dengan suntikan vaksin Moderna, Pfizer dan AstraZeneca disetujui untuk digunakan. Sejauh ini, pejabat Saudi mengatakan ada 377.700 kasus virus korona dan kerajaan telah melaporkan sekitar 6.500 kematian terkait.

Lihat Sumber Artikel di Okezone Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Okezone. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Okezone.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini