Di Tengah Vaksinasi, Infeksi Covid-19 Filipina Tembus 500 Ribu Kasus

Di Tengah Vaksinasi, Infeksi Covid-19 Filipina Tembus 500 Ribu Kasus Kredit Foto: Unsplash/Sam Balye

Filipina mengonfirmasi penambahan infeksi Covid-19 sebanyak 2.067 pada Selasa (2/3/2021), sehingga total infeksi menjadi 580.442.

Pemerintah juga mencatat penambahan 144 pasien yang sembuh, sehingga total menjadi 534.463. Sementara itu, Kementerian Kesehatan Filipina mencatat 47 pasien meninggal dalam 24 jam terakhir. Total kematian akibat Covid-19 di Filipina kini menjadi 12.369 kasus. Data terakhir dar menunjukkan jumlah kasus aktif di mencapai 33.610 atau 5.8 persen dari total kasus.

Baca Juga: Kunjungan Tentara AS ke Filipina Digantungi Duterte: Saya Belum Memutuskan...

Secara terpisah, Departemen Perdagangan dan Perindustrian Filipina telah mengeluarkan memorandum yang mengizinkan bioskop di wilayah karantina masyarakat umum (GCQ) untuk dibuka kembali mulai 5 Maret.

GCQ adalah istilah yang dipakai pemerintah Filipina untuk menyebut "pembatasan aktivitas sebagian" akibat pandemi Covid-19.

Memorandum itu menyebutkan bioskop di kawasan GCQ hanya boleh beroperasi dengan kapasitas 25 persen. Namun, penonton bioskop dilarang makan dan minum, sedangkan masker wajah harus dipakai setiap saat di dalam bioskop. Jarak fisik satu meter di semua sisi juga diperlukan.

“Jika ada tempat duduk gratis, staf bioskop harus mengantar pelanggan ke tempat duduk mereka untuk memenuhi persyaratan jarak fisik dan kapasitas operasional maksimum,” tulis memorandum tersebut pada Senin.

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini