Dapat Jatah Vaksinasi Covid-19, Bos PTPN XII Perintahkan Anak Buahnya Lakukan Hal Ini...

Dapat Jatah Vaksinasi Covid-19, Bos PTPN XII Perintahkan Anak Buahnya Lakukan Hal Ini... Kredit Foto: PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XII

PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XII gandeng  PT Rolas Nusantara Medika resmi menggelar Vaksinasi massal Covid-19 untuk seluruh karyawan yang beridentitas Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Direktur PTPN XII, Siwi Peni mengatakan, pihaknya sengaja menggandeng anak perusahaan PTPN XII dalam Vaksinasi Covid-19 tahap pertama. Sebanyak 722 dosis vaksin Sinovac didapatkan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Jember melalui anak perusahaan asosiasi, PT Rolas Nusantara Medika yang diperuntukkan bagi seluruh karyawan PTPN XII yang berdomisili di Kabupaten Jember selama dua hari.

Baca Juga: Cegah Jebakan Bibit Palsu Sawit untuk Petani, PTPN V Siapkan Aplikasi Ini

“Kami mendapatkan info dari PT Rolas Nusantara Medika kalau PTPN XII mendapatkan jatah sebanyak 722 dosis vaksin, kami langsung bergerak cepat dan menjadwalkan vaksinasi masal mulai hari ini”, tegas Siwi dalam keterangan resmi pada Warta Ekonomi di Surabaya, Selasa (2/3/2021).

Sementara itu Direktur PT Rolas Nusantara Media, I Wayan Sulianta mengatakan, bahwa pelaksanaan vaksinasi massal Covid-19 dilakukan di Aula Serba Guna Kantor Perwakilan Jember PTPN XII, Jalan Gajah Mada,  Jember. Kemudian kata Siwi, untuk vaksinasi tahap kedua, rencana dilaksanakan 14 hari kedepan. Lima tim vaksinator didatangkan langsung dari tiga fasilitas kesehatan milik PT Rolas Nusantara Medika, yakni RSU Kaliwates Jember, Klinik Rolas Medika Jember, dan Klinik Rolas Medika Banjarsari.

“Masing-masing tim terdiri dari lima orang yang akan bertugas di meja registrasi, meja pemeriksaan, meja verifikasi, dan meja observasi setelah vaksin”, ungkap I Wayan Sulianta 

Dijelaskan I Wayan Sulianta, bahwa pemberian vaksin sesuai kriteria screening, calon penerima vaksin harus dipastikan sehat secara jasmani, tidak sedang sakit, tidak memiliki komorbid seperti jantung, gula darah tinggi, ibu hamil, atau pasien yang baru sembuh dari Covid-19 kurang dari tiga bulan. 

“Maka dari itu screening calon penerima kita lakukan secara bertahap mulai dari meja II screening oleh perawat dilanjutkan di Meja III screening oleh Dokter sekaligus penyuntikan vaksin, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan”, ujar Sulianta sapaannya.

Disisi lain SEVP Business Support PTPN XII, Wien Irwanto menjelaskan, bahwa langkah vaksinasi massal yang diambil oleh PTPN XII merupakan bentuk upaya perusahaan dalam meningkatkan ekonomi berbasis Agroindustri.

Bagaimana tidak, PTPN XII yang merupakan salah satu anak perusahaan BUMN Perkebunan padat karya yang bergerak di bidang agroindustri komoditas Kopi, Karet, Kakao, Teh, dan Tebu ini, sangat terpengaruh adanya pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai bahkan telah berulang tahun di bulan Maret 2021.

Terlebih lagi, sebagian besar unit usahanya terletak di Kabupaten Jember akan sangat berpengaruh pada keberlangsungan tumbuh kembang perusahaan, bahkan ekonomi masyarakat sekitar apabila tidak mendahulukan kesehatan karyawan sebagai motor ekonomi ditengah pandemi. 

“Selama ini perusahaan telah mengupayakan dengan pemberian vitamin untuk meningkatkan imunitas seluruh karyawan, memberlakukan sistem WFH (Work From Home) dan lockdown, pengobatan karyawan terinfeksi Covid-19, hingga upaya – upaya preventif lainnya di seluruh unit kerja”, pungkas Wien.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini