Kata Doni Monardo Usai Donor Plasma Konvalesen: Sama Saja...

Kata Doni Monardo Usai Donor Plasma Konvalesen: Sama Saja... Kredit Foto: BNPB

Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan dirinya telah mendonorkan plasma konvalesen pada siang tadi. Hal itu ia ungkapkan dalam dialog "Pekembangan Penggunaan Plasma Konvalesen Dalam Pengobatan Covid-19" yang disiarkan BNPB di Youtube.

Sebelumnya, dirinya terjangkit Covid-19 dan harus diisolasi untuk mendapat perawatan. Paska 17 hari bebas Covid-19, ia mendonorkan plasma konvalesen untuk dapat digunakan dalam pengobatan pasien Covid-19 lainnya.

Baca Juga: Doni Monardo Lakukan Donor Plasma Konvalesen Pasca 17 Hari Bebas Covid-19

Ia mengaku bahwa proses pendonoran plasma konvalesen tidak menyeramkan, pun juga tidak menimbulkan efek samping. Tambahnya, prosesnya tidak jauh berbeda dengan donor darah.

"Menurut saya sama saja, perasaan tidak ada yang mencolok. Jadi tidak menakutkan, tidak ada efek samping," katanya, Senin (1/3/2021).

Plasma konvalesen sendiri adalah antibodi yang diproduksi oleh tubuh ketika seseorang mengidap virus SARS-nCOV2 atau Covid-19.

Dengan mengidap Covid-19, sel darah putih di dalam tubuh memproduksi antibodi secara natural.

Yang dimaksud dengan mendonorkan plasma konvalesen, artinya penyintas mendonorkan sebagian sel darah putih yang mengandung plasma konvalesen untuk ditransfer kepada penderita Covid-19.

Metode terapi plasma konvalesen juga menjadi langkah pemerintah untuk mengendalikan pandemi. Metode ini juga disebut mampu meningkatkan kesembuhan pasien Covid-19 sebelum gejalanya menjadi berat.

"Dengan donor kita akan lebih banyak nyawa yang bisa sembuh," tukas Doni.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini