Dr Fauci Minta Rakyat AS Segera Divaksin, Dipersilakan Pilih 1 dari 3 Vaksin

Dr Fauci Minta Rakyat AS Segera Divaksin, Dipersilakan Pilih 1 dari 3 Vaksin Kredit Foto: Getty Images/Bloomberg/Kevin Dietsch

Pakar penyakit menular yang disegani di Amerika Serikat (AS) Dr. Anthony Fauci menyerukan warga AS untuk bersedia divaksin demi melawan Covid-19.

Warga AS diminta memilih salah satu vaksin dari tiga vaksin yang tersedia.

Baca Juga: Dr Fauci Bilang Dominasi Virus Corona Inggris Terus Naik, Bahayakah?

Fauci mengatakan dirinya akan disuntik vaksin Johnson&Johnson yang baru diotorisasi.

“Ketiganya benar-benar cukup bagus, dan orang-orang harus mengambil salah satu yang paling tersedia untuk mereka. Jika pergi ke suatu tempat dan disediakan Johnson&Johnson, dan itulah yang tersedia sekarang, maka saya akan menerimanya,” ujarnya dalam program “Meet the Press” di stasiun televisi NBC.

Pemerintah Amerika Sabtu lalu (28/2/2021) telah mengesahkan vaksin dengan dosis tunggal Johnson&Johnson, menjadikannya sebagai vaksin ketiga yang tersedia setelah Pfizer-BioNTech dan Moderna.

Dua vaksin sebelumnya membutuhkan dua dosis yang disuntik dalam rentang waktu tertentu dan harus didistribusikan dalam keadaan beku. Namun vaksin Johnson&Johnson dapat didistribusikan dan disimpan pada suhu lemari es normal.

Vaksin Johnson&Johnson diharapkan mendapat persetujuan akhir untuk digunakan secara luas pada hari Minggu (28/2/2021) dan dapat mulai didistribusikan pada hari Minggu atau Senin (1/3/2021).

Baik vaksin Pfizer-BioNTech dan Moderna menunjukkan tingkat kemanjuran yang lebih tinggi dalam uji coba yang menggunakan dua dosis, dibanding vaksin satu dosis Johnson&Johnson.

Namun Fauci dan beberapa pakar lain mengatakan perbandingan langsung sulit dilakukan karena uji coba memiliki tujuan yang berbeda, dan uji coba vaksin Johnson&Johnson dilakukan ketika varian baru yang lebih cepat menular muncul.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Okezone Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Okezone. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Okezone.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terkini