Vaksin Gratis untuk Buruh dan Karyawan, Bio Farma-Kimia Farma Siapkan Moderna dan Sinopharm

Vaksin Gratis untuk Buruh dan Karyawan, Bio Farma-Kimia Farma Siapkan Moderna dan Sinopharm Kredit Foto: Shutterstock

Sebentar lagi, dua jenis vaksin Covid-19 akan masuk ke Indonesia, yaitu Sinopharm dari China dan Moderna dari Amerika Serikat. Kedua jenis ini rencananya digunakan untuk vaksin gotong royong yang bakal diberikan gratis untuk buruh dan karyawan swasta di perusahaan masing-masing.

"Saat ini, Holding BUMN Farmasi sudah mulai menjajaki dan melakukan pembicaraan supply vaksin," kata juru bicara PT Bio Farma (Persero), Bambang Heriyanto, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu, (28/2/2021).

Baca Juga: WHO Minta Negara Maju Bantu Negara Berkembang dalam Program Vaksin COVID 19

Bambang menuturkan, vaksin gotong royong merupakan program khusus pekerja yang pelaksanaannya menjadi tanggung jawab perusahaan. Program ini berbeda dengan vaksinasi massal gratis yang saat ini berlangsung, yang menggunakan vaksin Sinovac asal China.

Adapun program ini diusulkan oleh kelompok pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia. Tujuannya adalah untuk mempercepat program vaksinasi di kalangan dunia usaha.

Lebih lanjut, sebagai induk holding BUMN Farmasi, Bio Farma membeberkan akan berbagi tugas untuk mendatangkan kedua jenis vaksin. Untuk pengadaan vaksin Sinopharm rencananya jadi tugas PT Kimia Farma Tbk, sedangkan Moderna akan diurus oleh Bio Farma.

"Dengan program vaksin gotong royong ini, diharapkan kekebalan kelompok atau herd immunity dapat segera tercapai. Lalu yang terpenting, program ini tidak akan mengganggu jalannya vaksinasi gratis yang sedang berjalan," kata Bambang.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini