Ya Allah! 800 Hektar Sawah di Aceh Terancam Gagal Panen, Gara-gara...

Ya Allah! 800 Hektar Sawah di Aceh Terancam Gagal Panen, Gara-gara... Kredit Foto: Antara/Iggoy el Fitra

Seluas 800 hektare sawah di Kabupaten Aceh Besar dilanda kekeringan akibat kemarau panjang yang terjadi di wilayah itu. Kekeringan terparah terjadi di Kecamatan Kuta Cot Glie dan Seulimum.

Di Kecamatan Kuta Cot Glie, sawah kekeringan seluas 600 hektare. Kemudian di Seulimum 20 hektare dan sisanya di Kecamatan Baitussalam dan kecamatan lainnya.

Baca Juga: Stop Framming Aceh Daerah Miskin, BPS Perlu Lebih Arief dan Bijaksana Keluarkan Angka

Saat ini Pemerintah Kabupaten Aceh Besar tengah mencari solusi agar sawah yang terdampak kekeringan tidak gagal panen.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Besar, Jafar mengatakan, selain di tiga kecamatan itu, kekeringan juga terjadi di berbagai wilayah di Aceh Besar.

“Hampir setiap kecamatan. Tapi tidak separah di Kecamatan Kuta Cot Glie, 600 hektare khusus di Kuta Cot Glie, sementara di Seulimum ada sekitar 20 hektare,” ujar Jafar saat konfirmasi, Sabtu, 27 Februari 2021.

Kata dia, di lokasi kekeringan tersebut tidak memiliki irigasi yang dapat dialiri air sungai. Selama ini, petani bercocok tanam memanfaatkan air hujan. Sehingga, saat kemarau panjang sawah mengalami kekeringan.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini