Kalung Tali Masker: yang Lagi Ngetren Belum Tentu Aman

Kalung Tali Masker: yang Lagi Ngetren Belum Tentu Aman Kredit Foto: Instagram/wikuadisasmito

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito lebih merekomendasikan penggunaan kantong tertutup untuk menyimpan masker saat masyarakat sedang makan atau minum di luar rumah, ketimbang masyarakat menggunakan kalung tali yang tengah tren dan viral.

Ia mengatakan prinsip utama dalam penggunaan masker adalah kebersihan untuk melindungi area mulut dan hidung sehingga untuk itu, sebagai pelindung area mulut dan hidung, masker harus dipastikan higienis.

Ia mengemukakan jika masyarakat menggunakan kalung tali untuk mengaitkan masker saat berada di luar rumah, sisi dalam masker berpotensi terkontaminasi aerosol atau droplet dari lingkungan sekitar. Begitupun sebaliknya, droplet dari pengguna masker yang menempel di sisi dalam masker berpotensi menyebar saat masker dilepaskan untuk dikalungkan.

"Kedua hal ini dapat menjadi sumber infeksi bagi orang-orang sekitarnya, maupun terpapar aerosol dari lingkungan yang menjadi sumber infeksi bagi pemakainya,” katanya menegaskan.

Maka dari itu, dia merekomendasikan penggunaan kantong berbahan kertas atau bahan lain yang dapat ditutup untuk menyimpan masker saat pengguna sedang makan atau minum,

“Gunakan kantong kertas atau bahan lain untuk penyimpanan masker saat makan minum dan ditutup dengan rapat,” ujarnya.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini