Tangani Kemiskinan di Tengah Pandemi, Bupati Klungkung Keluarkan Berbagai Inovasi

Tangani Kemiskinan di Tengah Pandemi, Bupati Klungkung Keluarkan Berbagai Inovasi Kredit Foto: Dok. Pemkab Klungkung

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menjadi narasumber dalam acara Talk with Arvin dengan tema acara Daya Kompetitif Dinamis Daerah dan Era Globalisasi melalui Aplikasi Video Conference, mengatakan bahwa beberapa program inovasi dinilai berhasil membantu masyarakat dikala pandemi.

Terkait penanganan kemiskinan, ia menyebutkan salah satu programnya yang bernama Yowana Gema Santi. Baca Juga: Sri Mulyani Klaim Bansos Mengerem Laju Angka Kemiskinan

"Yowana Gema Santi merupakan agen perubahan di masing-masing desa yang bertugas untuk mendata ke lapangan dan membedah dimana ada orang miskin, kenapa ada orang miskin dan bagaimana cara memberdayakan untuk mau bekerja" jelasnya, dalam keterangan tertulisnya, yang diterima di Jakarta, Kamis (25/2/2021).

Lanjutnya, ia mengatakan Ppra agen Yowana Gema Santi dibekali ilmu enterpreneur agar termotivasi sehingga diharapkan akan mampu menggugah dan membangkitkan semangat warga miskin untuk bangkit dari keterpurukan. 

Program Inovasi lainnya, yakni Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS). Program TOSS memiliki metode yang dapat mengubah sampah menjadi briket menggunakan mesin bio activator, kemudian briket tersebut dapat dijual atau digunakan sendiri. 

"Mesin tersebut berdaya tampung 1 ton sampah, lalu diolah menghasilkan 600kg briket dan dari 600kg briket tersebut dapat menghasilan listrik setara 400 Kilo Watt (KWh)." Terang Suwirta.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terkini